sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Kiwi untuk Para Bumil

Ade Irma Suryani | Rabu, 06 Jan 2021 13:30 WIB
Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Kiwi untuk Para Bumil
caption
Jakarta -

Buah berwarna hijau dengan rasa yang menyegarkan ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh. Salah satunya, juga bermanfaat bagi ibu hamil dan janin, lho. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut informasinya di bawah ini.

 

1. Mengatur Berat Badan

Buah kiwi dapat membantu mengatur berat badan ibu hamil.
Berat Badan/freepik.com

Ada kalanya, karena hal tertentu ibu hamil juga bisa mengalami kenaikan berat badan melebihi batas normal. Pertambahan berat badan berlebih yang tidak semestinya ini tentu saja bisa mengakibatkan masalah pada ibu hamil, termasuk saat proses persalinan nanti. 

Nah, untuk mengatasi masalah ini ibu hamil bisa melakukan diet sehat dengan mengonsumsi buah kiwi. Hal ini sendiri tak lain karena buah kiwi mengandung serat yang sangat tinggi dan indeks glikemik rendah, sehingga cocok dijadikan camilan yang tepat dalam mengatur berat badan yang terlalu berlebihan.

 

2. Mengatasi Morning Sickness

Kiwi dapat membantu mengatasi gejala morning sickness.
Morning Sickness/freepik.com

Di masa kehamilan, hampir sebagian besar ibu hamil kerap mengalami morning sickness berupa mual dan muntah. Hal semacam ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari. 

Karena itu, untuk membantu meredakan gejala morning sickness tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi buah kiwi. Karena buah tersebut mengandung vitamin B dan juga vitamin C yang memberi rasa asam.

 

3. Menyeimbangkan Hormon

Buah kiwi dapat membantu menyeimbangkan hormon.
Menyeimbangkan Hormon/freepik.com

Pada masa kehamilan, ibu hamil juga kerap mengalami perubahan emosi yang tak menentu. Seperti halnya mudah tersinggung, menangis, dan marah-marah. Hal tersebut sebenarnya wajar, lantaran kadar hormon menjadi naik turun selama hamil. 

Namun jangan dibiarkan, agar ibu hamil tidak merasa lelah dan stres sendiri. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi buah kiwi. Hal ini karena buah kiwi bermanfaat dalam membantu menyeimbangkan hormon pada wanita yang sedang hamil.

 

4. Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Buah kiwi dapat menguatkan daya tahan tubuh.
Menguatkan Daya Tahan Tubuh/freepik.com

Selama kehamilan, ibu hamil memang lebih rentan mengalami sakit. Hal ini dikarenakan sistem daya tahan tubuh cenderung menurun di saat hamil. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil agar dapat menjaga kesehatan dirinya dengan baik, agar kandungannya juga terjaga. 

Agar dapat menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di masa kehamilan, ibu hamil bisa mengonsumsi buah kiwi. Buah kiwi sendiri diketahui dapat menguatkan daya tahan tubuh. Hal ini tak lain karena buah kiwi kaya akan vitamin C.

 

5. Mencegah Bayi dari Cacat Lahir

Manfaat buah kiwi juga dapat membantu mencegah cacat lahir.
Mencegah Cacat Lahir/freepik.com

Buah kiwi memang mengandung banyak nutrisi penting bagi ibu hamil, salah satunya adalah asam folat. Kandungan tersebut sangat berperan penting dalam pembentukan jaringan saraf dan otak janin. Selain itu, hal ini juga mencegah bayi terlahir dengan kondisi cacat lahir. 

Nah, untuk mencegah hal tersebut, ibu hamil perlu mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan asam folat, seperti halnya buah kiwi. 

Itulah beberapa manfaat buah kiwi bagi ibu hamil. Namun jika mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi buah kiwi, maka sebaiknya hentikan. Gejala alergi tersebut bisa berupa rasa gatal pada mulut, muntah, sakit perut, atau peradangan pada kulit.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id