sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ini yang Perlu Dilakukan Calon Ayah agar Bumil Terhindar dari Stres

Shinta Nikmah | Minggu, 27 Dec 2020 08:00 WIB
Ini yang Perlu Dilakukan Calon Ayah agar Bumil Terhindar dari Stres
caption

Mengandung buah hati adalah pengalaman hidup yang begitu berkesan bagi calon ibu. Merasakan kebahagiaan saat mengetahui dua garis biru di pagi hari dan menjadi kejutan bagi suami tercinta. Merasakan lelahnya mual-mual dan tidak nafsu makan di tri-semester pertama. Selain itu merasakan serunya ngidam sampai membuat suami pusing dibuatnya.

Nah, ketika istri hamil di peran calon ayah sangat penting. Suami harus memastikan ibu hamil terhindar dari stres. Jika ibu hamil sampai stres, maka akan berdampak buruk bagi tumbuh kembang janin. 

Para suami perlu melakukan hal-hal berikut ya agar ibu hamil tetap bahagia.

Membantu Pekerjaan Istri

helping
Suami Membantu Pekerjaan Bumil/ Foto: freepik.com

Ketika hamil, maka calon ibu mungkin kepayahan dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Kondisi perut yang berat atau ketika masih mengalami mual-mual membuat bumil cepat lelah. Di sini peran suami sangat dibutuhkan untuk meringankan pekerjaan istri. Bisa dimulai dengan membantu mencuci piring atau boleh juga menggantikan istri belanja. 

Menemani Istri Kontrol

kontrol
Menemani Kontrol Kandungan/ Foto: freepik.com

Ibu hamil wajib memeriksakan kandungan di tiap bulan. Jangan biarkan istri pergi ke dokter/bidan sendiri ya wahai para suami. Antarkan dan temani istri menemui dokter/bidan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian agar bumil bahagia. Selain itu para suami juga bisa tahu kondisi perkembangan janin dari info yang disampaikan dokter/bidan.

Memenuhi Ngidam Sang Istri

Ngidam
Bumil Ngidam/ Foto: freepik.com

Ngidam adalah hal yang sangat familiar dan identik dengan ibu hamil. Ketika mengandung terkadang bumil tiba-tiba sangat ingin untuk makan sesuatu. Calon ayah tidak boleh cuek ya, jika perlu temani istri untuk mencari makanan yang sangat diinginkannya. Jika sudah mendapatkan apa yang diidamkan, bumil tentu akan sangat bahagia, apalagi jika ditemani suaminya.

Merencanakan Babymoon

Babymoon
Rencanakan Babymoon Bersama Istri Tercinta/ Foto: freepik.com

Babymoon atau liburan ketika istri sedang dalam masa kehamilan sedang trend akhir-akhir ini. Hal tersebut tentu tidak ada salahnya untuk dilakukan sebelum kamu dan istri resmi menjadi orang tua baru.

Kamu bisa merencanakan liburan ke pantai atau villa dengan pemandangan yang indah. Dijamin bumil akan sangat senang menjalani liburan sebelum lahiran.

Memuji Istri

memuji
Puji Penampilan Istri/ Foto: freepik.com

Ketika hamil, penampilan istri akan berubah bahkan sangat drastis. Dari yang tadinya langsing kemudian perlahan mulai berisi. Dari yang tadinya memakai gaun seksi kemudian memakai daster tiap hari. 

Nah, suami jangan sampai protes ke istri karena tidak bisa jaga penampilan saat hamil. Justru suami harus memuji penampilan istri agar sang istri tetap merasa bahagia dan percaya diri meskipun penampilan fisik berubah. 

Jangan Terpancing Emosi

sensitif
Ibu Hamil Lebih Sensitif/ Foto: freepik.com

Saat hamil, perubahan hormon yang dialami sang istri akan membuat mood-nya mudah berubah dan gampang tersinggung. Jika istri sedang dalam kondisi mood yang tidak baik atau sedang sensitif, maka suami tidak boleh terpancing emosi ya.

Hal tersebut lumrah terjadi pada ibu hamil kok. Jadi suami harus tetap stay cool dan mencoba menenangkan istri dengan kata-kata manis ya.

Memperkaya Info Mengenai Kehamilan

info
Mencari Info Seputar Kehamilan/ Foto: freepik.com

Tidak hanya ibu hamil, calon ayah juga harus paham mengenai informasi seputar kehamilan. Banyak info yang bisa didapatkan dari buku atau internet. Calon ayah juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan agar mendapatkan info yang lebih valid. Dari info tersebut calon ayah bisa lebih memahami bagaimana memperlakukan ibu hamil dengan tepat.

Tak hanya informasi mengenai kehamilan, calon ayah juga bisa memperluas wawasan dengan menambah informasi mengenai kelahiran dan pengasuhan bayi baru lahir. Informasi tersebut sangat penting untuk berjaga-jaga jika si ibu hamil mengalami kondisi yang tidak normal, maka calon ayah bisa tahu bagaimana penanganan awal dan bisa lebih gerak cepat untuk membawa sang ibu hamil ke penanganan medis bila diperlukan.

Membantu Istri Tidur Nyenyak

tidur
Bantu Istri Tidur Nyenyak/ Foto: freepik.com

Tidur adalah kebutuhan pokok bagi ibu hamil. Namun sayangnya kebanyakan ibu hamil kesulitan untuk tidur nyenyak. Terlebih jika sudah hamil besar, biasanya calon ibu akan kegerahan di malam hari dan lebih sulit untuk tidur nyenyak.

Calon ayah tidak boleh tinggal diam. Ciptakan suasana tidur yang nyaman sehingga bumil bisa tidur dengan nyenyak. Suami bisa memijit kaki istri agar lebih rileks sebelum tidur.

Suami juga bisa mengurangi keluhan istri ketika gerah dengan menyesuaikan AC atau kipas angin.Dengan demikian istri bisa tidur nyenyak sehingga lebih fresh ketika bangun tidur.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id