sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Sembarangan, Ini Aturan Cukur Bulu Ketiak yang Benar

Anisalestari | Rabu, 15 Apr 2020 04:45 WIB
Jangan Sembarangan, Ini Aturan Cukur Bulu Ketiak yang Benar
caption
Sudah tahu aturan cukur bulu ketiak yang benar, Ladies? Jangan sembarangan lho, ketiak lebih sensitif dari bagian tubuh lain. Simak informasi aturan cukur bulu ketiak yang benar berikut, yuk!

Tak hanya dapat menganggu penampilan, bulu ketiak juga dapat menimbulkan aroma tidak sedap. Enggak heran kalau banyak wanita berusaha untuk menghilangkan bulu ketiak, salah satunya dengan waxing.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal waxing perlu dilakukan di salon dan akan memakan waktu. Dengan alasan praktis dan terbilang lebih murah, enggak ada salahnya kalau kamu mencukur bulu ketiak sendiri di rumah. Namun kamu perlu hati-hati karena kulit ketiak lebih sensitif dan mudah iritasi, Ladies. Ikuti aturan cukur bulu ketiak yang benar berikut, yuk!


Awali dengan scrubbing


Foto: https://www.qunki.com

Sebelum cukur bulu ketiak, sangat disarankan melakukan scrubbing terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar sel kulit mati dapat terangkat sekaligus membersihkan area ketiak. Sebaiknya proses scrubbing dilakukan sehari sebelum kamu mencukur bulu ketiak agar kulit ketiak tidak mengalami iritasi dan rasa perih saat kamu mencukur bulunya.


Pastikan ketiak lembap


Foto: https://www.freepik.com/

Saat akan cukur bulu ketiak, pastikan ketiak dalam keadaan lembap. Pasalnya saat lembap bulu-bulu ketiak lebih lembut sehingga akan lebih mudah untuk mencukurnya.

Kamu bisa cukur bulu ketiak setelah mandi karena saat itu kulit ketiak masih dalam keadaan lembap. Atau percikkan air terlebih dahulu agar kulit lebih lembap sehingga proses cukur bulu ketiak lebih mudah.



Oleskan krim cukur


Foto: https://www.freepik.com/
Aplikasikan krim cukur sebelum cukur ketiak agar pisau cukur dapat meluncur dengan mudah di atas permukaan kulit. Hal ini juga bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya iritasi. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, pilihlah krim cukur dengan formula yang lembut, ya.

Sebaiknya cukur pada malam hari


Foto: https://www.freepik.com/

Malam hari menjadi waktu yang tepat untuk cukur bulu ketiak karena kulit akan melakukan proses regenerasi. Jadi proses pemulihan setelah bulu ketiak dicukur akan lebih cepat dan maksimal. Jangan lupa setelah cukur bulu ketiak oleskan baby oil atau lotion dengan formula yang ringan agar kulit ketiak lebih rileks.


Sebaiknya gunakan alat cukur sekali pakai


Foto: https://www.freepik.com

Apabila pisau cukur bulu ketiak sudah dipakai sebanyak lima kali, sebaiknya jangan dipakai lagi. Lebih baik gunakan pisau cukur bulu ketiak sekali pakai saja. Hal ini untuk menjaga supaya kulit ketiak tidak iritasi.


Pastikan arah mencukur yang tepat


Foto: https://www.freepik.com/

Karena bulu ketiak cenderung tumbuh tidak beraturan, maka saat cukur bulu ketiak kamu perlu mengarahkan pisau ke segala arah agar hasilnya maksimal. Mulailah dengan menggerakkan alat cukur ke bawah, lalu menyamping.

Selain itu, penting juga amati pertumbuhan rambut lalu cukur dengan arah yang berlawanan. Misalnya, jika arah pertumbuhan bulu ketiak ke atas, maka cukurlah ke arah bawah. Namun bagi pemilik kulit sensitif, aturan ini tidak berlaku karena mencukur dengan metode berlawanan arah dapat menyebabkan iritasi.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id