sign up SIGN UP

LIFE

Kamu Perlu Tahu, 5 Kesalahan Ini sering Terjadi Saat Memasak Telur

Ika Dyah | Senin, 06 Aug 2018 02:30 WIB
Kamu Perlu Tahu, 5 Kesalahan Ini sering Terjadi Saat Memasak Telur
caption
Meskipun termasuk masakan sederhana, namun memasak telur juga ada cara-cara tersendiri. Tak jarang masih banyak dijumpai beberapa orang melakukan kesalahan dalam masak telur. Berikut kesalahan cara memasak telur yang sering terjadi.

Merebus Terlalu Lama


Beberapa orang berpendapat bahwa merebus telur dalam waktu lama akan memudahkan proses pengupasan. Padahal hal ini justru membuat telur terlalu matang dan berbau tak sedap. Waktu merebus telur yang paling baik adalah 10- 15 menit saja. Kemudian kamu bisa masukkan telur dalam lemari es atau dalam panci berisi air es untuk menghentikan proses pematangan dan memudahkan pengupasan. Tak hanya tidak bagus direbus terlalu lama, telur yang digoreng terlalu lama juga tidak bagus karena cenderung memiliki tekstur yang kering. 

 


Foto: https://today.line.me

Merebus Telur di Dalam Air Biasa


Masak telur memang terlihat sepele, namun jika salah pastinya akan menimbulkan hal yang tidak kamu inginkan. Ternyata nih cara merebus telur yang tepat dengan menambahkan sedikit cuka atau jus lemon ke dalam air rebusan. Selain menamah rasa, cara ini dapat mengikat putih dan kuning telur agar tidak tercampur serta membuat hasil rebusan telur lebih baik dan cepat matang.

 


Foto: https://www.yogyatelur.com

Tidak Menggunakan Wajan Anti Lengket


Telur memang termasuk masakan sederhana. Namun, salah masak telur juga bisa berakibat fata. Misalnya ketika kamu memutuskan membuat telur orak-arik kamu menggunakan wajan besi, maka telur akan menempel pada wajan dan meninggalkan sepertiga dari cairannya di dasar wajan. Oleh karena itu, gunakan wajan anti lengket atau pan saat memasak telur orak-arik agar telur tidak lengket, rusak dan gosong. 
 



Foto: https://food.idntimes.com

Memasak Telur dengan Suhu Tinggi


Cara memasak telur dengan cara menggoreng sebaiknya tidak menggunakan api yang besar karena dapat membuat telur cepat gosong dan teksturnya kering. Sebelum masak telur, sebaiknya panaskan wajan terlebih dahulu pada api sedang dan masak telur menggunakan api kecil. Penggunaan api sedang juga bisa membantu kamu menentukan tingkat kematangan telur sesuai selera.

 


Foto: https://www.blibli.com

Menggoreng Telur dalam Wajan yang Belum Panas


Kesalahan selanjutnya yang sering terjadi adalah menggoreng telur dalam wajan yang belum panas. Hal ini justu membuat beberapa kandungan gizi di dalam telur rusak. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu masukkan telur saat wajan dan minyak dalam keadaan panas.

 


Foto: https://www.vemale.com

Oh iya, mau mendapatkan banyak hadiah menarik besar-besaran dari Beautynesia seperti paket makeup, skincare dan kejutan lainnya? Langsung klik di https://beautynesia.id/giveaway untuk mengetahui informasi selanjutnya. Jangan lupa untuk memberikan komentar sebanyak-banyaknya di https://beautynesia.id/forum untuk kesempatan memenangkan hadiahnya.
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id