sign up SIGN UP

Kaya Nutrisi, Intip Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan

aqillahdiaz | Senin, 24 May 2021 16:30 WIB
Kaya Nutrisi, Intip Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan
caption

Madu hitam adalah salah satu jenis madu yang dihasilkan oleh lebah yang mengisap nektar bunga pohon mahoni. Madu hitam berbeda dengan madu lainnya, karena madu hitam memiliki tekstur yang pekat dan rasa yang pahit. Selain itu, madu hitam juga berwarna hitam pekat.

Namun, di balik rasa yang pahit, madu hitam memiliki kandungan yang beragam, yakni mengandung antioksidan, asam fenolt, flavanoid, alkaloid, vitamin, zat besi, kalsium, magnesium, vitamin B6, dan selenium. Di balik beragamnya kandungan yang dimiliki madu hitam, kira-kira manfaat apa sih yang dimiliki oleh madu hitam?

Meningkatkan imunitas atau stamina tubuh

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Madu hitam dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh, lho. Bagi kalian yang memiliki aktivitas atau kegiatan yang cukup padat, madu hitam bisa dikonsumsi sebelum memulai hari, yakni di pagi hari. Mengonsumsi madu hitam secara rutin dapat membuat tubuh kalian lebih bertenaga dan semangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Menurunkan kolesterol

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Selain itu, madu hitam juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi secara rutin, diharapkan dapat menetralkan kolesterol di dalam tubuh dan dapat mencegah penyakit berbahaya lainnya. 

Meredakan gejala asma 

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Tidak hanya meningkatkan stamina dan menurunkan kolesterol, ternyata madu hitam bermanfaat bagi kalian yang memiliki gejala asma. Dapat meredakan gejala asma, karena madu hitam memiliki kandungan flavonoid dan antiinflamasi yang dapat mengatasi asma. Selain itu, dapat mengatasi masalah pernapasan, yang mana dapat membersihkan paru-paru dari berbagai patogen dan dapat membuat pernapasan bekerja secara maksimal.

Menangkal radikal bebas 

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Kandungan antioksidan dan flavanoid yang dimiliki oleh madu hitam dapat menangkal radikal bebas. Tingginya antioksidan yang dimiliki madu hitam, ternyata juga dapat mencegah kanker. Selain itu, terdapat kandungan flavonoid juga dapat mencegah risiko munculnya penyakit lain, yakni jantung dan stroke.

Menurunkan gula darah 

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Madu hitam bermanfaat bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan gula di dalam madu hitam lebih sedikit dibandingkan madu lainnya.

Mengatasi gangguan pencernaan 

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Madu hitam juga dapat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan gangguan pencernaan. Madu hitam dapat menetralkan asam lambung apabila dikonsumsi secara rutin. Selain itu, madu hitam juga dapat meredakan mual dan nyeri saat maag. 

Menjaga kesehatan kulit

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Madu hitam ternyata juga dipercaya dapat menjadi salah satu bahan alami untuk merawat kecantikan kulit, lho. Hal tersebut dikarenakan madu hitam bersifat antiinflamasi, yakni dapat mengatasi jerawat, menyamarkan flek hitam, bahkan dapat digunakan sebagai masker wajah. Untuk hasil yang maksimal, kalian bisa gunakan masker madu hitam seminggu dua kali. 

So, itu beberapa manfaat madu hitam bagi kesehatan, bahkan juga bermanfaat bagi kecantikan. Apakah kalian tertarik mengonsumsi madu hitam? 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id