sign up SIGN UP

LIFE

Kreasi Resep Overnight Oats untuk Sarapan Diet ala Yulia Baltschun

ira syafira | Selasa, 23 Feb 2021 19:30 WIB
Kreasi Resep Overnight Oats untuk Sarapan Diet ala Yulia Baltschun
Foto: Resep Overnight Oat/youtube.com/Yulia Baltschun

Oat merupakan jenis makanan sehat yang sering dijadikan pilihan sebagai menu sarapan saat sedang melakukan diet. Terbuat dari biji gandum yang diolah menjadi tepung kasar, oatmeal memang mudah dan praktis untuk disajikan.

Seiring berkembangnya jaman, olahan oat semakin beragam dan terlihat lebih enak. Salah satunya adalah overnight oat, sajian ini dibuat dengan cara merendam oat dalam cairan seperti susu atau yogurt selama semalam. Tidak hanya itu, overnight oat ini juga bisa ditambahkan berbagai macam topping seperti kacang-kacangan, buah, cokelat, dan sebagainya.

Jika kamu ingin menikmatinya sebagai sarapan, maka kamu harus menyiapkan pada malam sebelumnya dan disimpan terlebih dahulu di lemari es. Untuk varian resep overnight oat yang lebih nikmat lagi, beautynesia sudah merangkum beberapa resepnya ala seorang influencer yaitu Yulia Baltchun.

Red Overnight Oat

Foto: Red overnight oat/youtube.com/Yulia Baltschun
Foto: Red overnight oat/youtube.com/Yulia Baltschun

Kalau dilihat dari namanya, maka sudah bisa ditebak kalau oat yang satu ini akan berwarna merah. Bahan-bahan yang harus kalian persiapkan untuk membuatnya antara lain, 70g oatmeal, 1 sdt madu, 50g yogurt, 50g strawberry, 1,5 sdt selai berry, 100g susu kedelai, dan tentu wadah untuk oat kamu. Bahan-bahan yang digunakan usahakan rendah kalori dan tidak mengandung gula.

Untuk cara pembuatan, cukup campurkan semua bahan-bahan dan aduk hingga merata, lalu tuang ke wadah yang sudah dipersiapkan. Terakhir, tambahkan potongan buah strawberry atau bisa diganti dengan buah kesukaan kamu.

Green Overnight Oat

Foto: Green overnight oat/youtube.com/Yulia Baltschun
Foto: Green overnight oat/youtube.com/Yulia Baltschun

Nah, untuk yang satu sepertinya lebih terdengar seakan lebih sehat bukan? Terdiri dari 70g oatmeal, 100g susu kedelai, 1 sdt madu, ½ potong jeruk lime, 20g biji labu, 30g alpukat, dan 50 g potongan buah kiwi. Cara yang pertama cukup berbeda dengan yang sebelumnya, kali ini alpukat dihancurkan terlebih dahulu hingga bertekstur.

Kemudian tambahkan perasan buah lime untuk mencegah oksidasi pada buah alpukat. Lalu lanjut, tambahkan madu beserta oatmeal dan susu, kemudian aduk hingga merata dan masukkan ke dalam wadah. Jika ingin menambah kalori, maka bisa ditambah lagi penggunaan buah alpukatnya. Tidak lupa di akhir tambahkan letakkan biji labu yang kaya akan protein dan potongan buah kiwi yang sudah disiapkan.

Blue Overnight Oat

Foto: Blue overnight oat/youtube.com/Yulia Baltschun
Foto: Blue overnight oat/youtube.com/Yulia Baltschun

Oat yang kali ini mengandung warna biru yang terbuat dari bahan alami, lho. Kak Yulia mendapatkan warna biru dari bubuk teh bunga telang atau butterfly pea flower, bahan ini memiliki beragam manfaat seperti mencuci darah, support detox, sebagai bahan pewarna makanan, dan mengobati batuk. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan yaitu 70g oatmeal, 100g susu kedelai, rice crisp, 50g yogurt, 1 sdt spirulina, 1 sdt butter pea flower, 1 sdt madu, dan 20g biji chia.

Untuk proses pembuatannya, pertama masukkan bubuk pea flower dan juga spirulina ke dalam mangkuk kemudian campurkan dengan susu kedelai. Campurkan hingga bubuk tidak menggumpal dan ada gelembung-gelembung kecil. Sesudahnya, masukkan oatmeal beserta madu lalu letakkan di wadah dan tambahkan biji chia dengan rice crisp seperti yang sudah disediakan sebelumnya.

Choco Overnight Oat

Foto: Choco overnight oat/youtube.com/Yulia Baltschun
Foto: Choco overnight oat/youtube.com/Yulia Baltschun

Untuk resep terakhir ini pasti perempuan bakal suka banget, nih. Olahan oat yang satu ini menggunakan dasar cokelat dan akan nikmat sekali rasanya. Bahan-bahan yang perlu disiapkan ada 70g oatmeal,100g susu kedelai, 20g dark chocolate, 30g potongan buah pisang, 5g rempahan kacang almond, 1 sdt bubuk kokoa, 1 sdt vanilla, 1 sdt madu.

Caranya gak kalah mudah, cukup campurkan oatmeal dengan bubuk kokoa terlebih dahulu lalu aduk dengan campuran susu kedelai untuk menetralkan rasa pahit dari bubuk kokoa. Kemudian tambahkan vanilla, madu, dark chocolate dan aduk hingga rata, sesudahnya tuangkan ke wadah. Untuk topping bisa ditambahkan pisang dan almond, tapi kamu juga bisa berkreasi sesuai selera masing-masing.

Unik dan menarik banget kan kreasi resep overnight oat buat dicoba pas lagi diet?

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id