sign up SIGN UP

LIFE

Lakukan Ini Biar Kamu Gak Malas Makan Saat Sahur

Rima WK | Senin, 19 Apr 2021 13:30 WIB
Lakukan Ini Biar Kamu Gak Malas Makan Saat Sahur
caption
Jakarta -

Sebagian orang kerap malas untuk makan bahkan bangun untuk sahur saat puasa Ramadan. Beragam alasan menjadi penyebabnya, mulai dari mengantuk hingga malas masak. 

Meski sahur tidak diwajibkan dan puasa tetap sah tanpa sahur, tetapi makan sahur dianjurkan dalam menjalankan ibadah puasa untuk mengisi tenaga agar tubuh kuat tanpa asupan makan dan minum selama berjam-jam. Untuk mengatasi hal itu, yuk simak 4 cara berikut ini agar kamu tidak malas makan saat sahur. 

Jangan Begadang 

Pengaturan jam istirahat di malam hari juga mempengaruhi waktu kamu bangun untuk makan sahur. Hal ini cukup menguji bagi kamu yang punya kebiasaan tidur tengah malam bahkan dini hari. 

Pola hidup sehat dengan tidur cukup.
Pola hidup sehat dengan tidur cukup/Sumber/Pinterest/thriveglobal.

Ingat, tubuh butuh istirahat yang cukup sekitar 5-8 jam per hari. Meski di bulan puasa, jumlah jam tidurmu bisa disiasati, dengan salah satunya tidak begadang atau tidur hingga larut malam. 

Misalnya, kamu tidur pukul 9-10 malam agar bisa menyiapkan 1 jam sebelum waktu Imsak atau adzan Subuh untuk bangun dan makan sahur, untuk kemudian menjalankan salat Subuh dan ibadah Sunnah, sebelum bisa beraktivitas kembali atau melanjutkan tidur bagi yang tidak memiliki aktivitas.

Pilih Menu Favorit dan Praktis

Malas masak atau menyiapkan makanan sahur kerap menjadi alasan malas makan sahur. Di era teknologi saat ini, sudah banyak layanan makanan pesan antar atau katering untuk sahur yang beroperasi dini hari. Tapi ingat, pemesanan jangan mendadak dan merepotkan pengantar ya.

Menu makan sehat.
Menu makan sehat/Sumber/Pinterest/myboldbody.

Selain itu, kamu bisa menyiapkan bahan makanan olahan siap santap sejak malam atau disimpan di dalam lemari pendingin. Misalnya, telur, daging/ayam/ikan yang sudah dibumbui, dan sayur-sayur siap olah. Pastikan, memilih kandungan yang tepat agar kamu tetap bertenaga ya.

Air Putih Cukup

Untuk tetap menjaga hidrasi pada tubuh, penting buat kamu mengatur asupan air yang kamu minum nih. Jika pada waktu tidak berpuasa kamu mengkonsumsi 2-3 liter per hari, jangan dikendorkan pada saat berpuasa. 

Konsumsi air mineral sesuai kebutuhan tubuh.
Konsumsi air mineral sesuai kebutuhan tubuh/Sumber/Pinterest/gourmandize.

Kamu bisa menyiasatinya dengan meminum air, saat bangun sahur, saat setelah makan dan sesaat sebelum Imsak atau adzan Subuh untuk menjaga hidrasi tubuhmu.

Olahraga Ringan

Puasa jadi malas olahraga? Ini sering terjadi. Takut capek dan bikin puasa batal? Eits jangan alasan kamu. Ada beberapa pilihan waktu yang bisa kamu gunakan agar tetap berolahraga saat  berpuasa. 

Olahraga praktis lewat YouTube dari rumah.
Olahraga praktis lewat YouTube dari rumah/Sumber/Pinterest/betches.

Misalnya, sebelum buka puasa dan setelah buka puasa atau ibadah salat Tarawih. Biar kamu tetap bisa minum atau makan menggantikan energi yang terkuras setelah berolahraga tanpa menunggu waktu. Gak usah berat-berat, beragam pilihan olahraga dari rumah aja banyak kok. Salah satunya lewat panduan video dari YouTube.

Mudah kan? Yuk, jangan malas buat bangun tidur dan makan sahur biar puasa kamu gak lemes.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id