sign up SIGN UP

Mana yang Lebih Baik, Air Putih atau Teh Manis untuk Buka Puasa?

Dian Aprilia | Kamis, 15 Apr 2021 14:30 WIB
Mana yang Lebih Baik, Air Putih atau Teh Manis untuk Buka Puasa?
caption

Ada berbagai minuman yang biasanya dijadikan menu saat buka puasa. Mulai dari air putih, teh manis, es blewah, kolak, jus, es kelapa muda, dan lainnya. Namun di antara semuanya, air putih dan teh manis termasuk minuman yang cukup sering dipilih untuk jadi menu buka puasa.

Buka puasa
Buka puasa/pexels.com

Namun di antara keduanya, mana minuman yang lebih baik diminum saat buka puasa?

Teh Manis

Teh manis
Teh manis/pexels.com

Teh memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, seperti halnya vitamin A, B kompleks, C dan E. Selain itu, kandungan gula dalam teh manis juga bisa memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Teh juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Teh mengandung vitamin C yang berperan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi minum teh juga bisa membantumu menangkal berbagai macam penyakit. Apalagi di masa pandemi saat ini yang memang membutuhkan imunitas tinggi guna terhindar dari Covid-19.

Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh juga bisa melawan radikal bebas. Bagi kamu yang bekerja di luar ruangan dan biasa terpapar berbagai kotoran, debu atau polusi, teh bisa menjadi minuman terbaik untuk menjaga kesehatan.

Membantu Perawatan Gigi dan Tulang

Ternyata teh juga sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Kandungan fluoride dan tennis yang terdapat di dalamnya bisa mencegah pembentukan karang gigi. Sedangkan vitamin D dalam teh juga bagus untuk memperkuat tulang.  

Sekilas, teh cukup baik dan juga untuk bermanfaat bagi tubuh. Namun sayangnya, teh mengandung kafein sehingga memicu tubuh untuk dehidrasi. Kamu jadi sering merasa haus dan buang air kecil secara terus menerus.

Tak hanya itu, teh manis juga bisa menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Jadi saat mengonsumsi daging dan sayuran hijau, akan membuat zat besi tidak terserap dengan baik.

Air Putih  

Air putih
Air putih/pexels.com

Air putih memang menjadi pilihan yang paling bagus, baik saat puasa maupun tidak puasa. Saat puasa, konsumsi air putih bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama kurang lebih 13 jam. Selain itu, air putih juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya adalah:

Membuat tubuh tetap berenergi

Air putih mengandung kalium yang berfungsi untuk mengaktifkan sistem saraf dan juga otot. Untuk itu saat minum air putih dan mencukupi kebutuhan cairan, maka tubuh akan tetap terhidrasi dan berenergi selama menjalankan ibadah puasa.

Menjaga metabolisme tubuh

Kandungan magnesium, mangan dan chromium dalam air mineral bisa mengoptimalkan metabolisme tubuh saat sahur dan berbuka. Selain minum air putih, imbangi juga dengan rutin berolahraga, tidur yang teratur, dan konsumsi nutrisi yang seimbang.

Menjaga organ pencernaan

Air putih memiliki kandungan chloride yang bisa menjaga kinerja lambung, usus, dan produksi asam empedu dalam mengolah makanan. Selain itu, kecukupan air mineral juga membuat buang air besar tetap lancar selama berpuasa.

Itulah perbandingan kebaikan minum air putih dan juga teh manis saat berpuasa. Jadi usahakan untuk konsumsi air putih saat berpuasa dan mengurangi intensitas minum teh manis.

Kalaupun memilih minum teh manis, sebaiknya konsumsi di waktu yang tepat. Idealnya 1 jam sebelum makan dan hindari saat sahur agar tidak mudah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id