sign up SIGN UP

LIFE

Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan, Fungsinya Gak Main-Main!

Rumaysha Milhania | Senin, 05 Apr 2021 13:30 WIB
Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan, Fungsinya Gak Main-Main!
caption

Air kelapa banyak disukai karena selain menyegarkan, ini juga melembabkan dan melembabkan kulit. Ini disebabkan adanya kandungan vitamin dan mineral alami yang ditemukan di dalamnya.

Air kelapa banyak disukai karena selain menyegarkan, ini juga melembabkan dan melembabkan kulit.
Manfaat Air Kelapa/ Sumber: Freepik.com

Melansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa jika diaplikasikan langsung pada kulit:

Melembapkan kulit kering atau sensitif

Air kelapa dapat membantu menutrisi dan melembabkan kulit kering saat dioleskan karena mengandung banyak gula dan asam amino. Menurut Diane Madfes, MD, seorang dokter kulit bersertifikat dan asisten profesor dermatologi di Mount Sinai School of Medicine di New York City, air kelapa juga memiliki kandungan elektrolit yang tinggi. Ini yang akan membantu menenangkan kulit saat dioleskan secara langsung.

Air kelapa dapat membantu menutrisi dan melembabkan kulit kering saat dioleskan karena mengandung banyak gula dan asam amino.
Air kelapa/ Sumber: Freepik.com

Mengatasi masalah jerawat dan bekas jerawat

Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa air kelapa memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu melawan jerawat. Akan tetapi, hingga saat ini masih belum ada bukti signifikan yang menunjukkan bahwa penggunaan air kelapa secara topikal dapat bermanfaat bagi jerawat, jaringan parut jerawat, pigmentasi kulit, atau bercak hitam.

Walaupun air kelapa saja tidak akan menyembuhkan jerawat, air kelapa dapat digunakan dalam rutinitas perawatan kulit bersama bahan lain untuk membantu mempercepat prosesnya. Caranya, campur air kelapa dengan kunyit untuk membuat masker untuk kulit berjerawat.

Mencegah penuaan dini

Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa konsumsi air kelapa dapat meningkatkan sistem antioksidan. Ini dapat menetralkan efek radikal bebas, meningkatkan kerja anti-penuaan sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan awet muda. 

Walaupun air kelapa saja tidak akan menyembuhkan jerawat, air kelapa dapat digunakan dalam rutinitas perawatan kulit bersama bahan lain untuk membantu mempercepat prosesnya.
Air kelapa untuk kecantikan/ Sumber: Freepik.com

Manfaat mengkonsumsi air kelapa untuk kulit

Air kelapa mengandung vitamin, seperti vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C, serta bahan lain yang bermanfaat bagi kulit. Nah, mengonsumsi air kelapa secara rutin dapat memberikan manfaat pada kulit seperti:

  • mengurangi kerutan dan garis halus
  • meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit
  • meningkatkan produksi kolagen
  • memberi kulit tampilan glowing

Air kelapa terdiri dari fitohormon yang disebut kinetin. Kandungan ini dapat memberikan efek anti-penuaan dan antioksidan. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id