sign up SIGN UP

LIFE

Mengenal Teh Putih dan Sejuta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mei Nurul Hidayah | Jumat, 12 Jun 2020 14:00 WIB
Mengenal Teh Putih dan Sejuta Manfaatnya Bagi Kesehatan
caption

Teh putih? Memang terdengar cukup asing bagi sebagian orang, apakah kamu termasuk salah satunya? Sudahkah kamu mengenal teh putih ini? Beautynesia punya penjelasannya. Check this out!

Apa Sih Teh Putih Itu?

Teh putih atau white tea berasal dari pucuk daun Camellia sinensis yang sangat muda dan belum mekar. Pucuk daun ini masih diselimuti rambut halus yang berwarna putih perak yang ketika dikeringkan dapat berubah menjadi warna putih. Kemudian teh putih ini dikeringkan secara alami dengan bantuan sinar matahari tanpa mengalami proses oksidasi atau fermentasi maupun penggilingan sehingga tidak merusak bentuk teh asli.


Bagaimana Cara Penyajian Teh Putih?

Cara penyajian teh putih ini pun sangat mudah dan praktis. Siapkan 2 gram teh putih kemudian diseduh dengan secangkir air putih 80 °C. Hasil dari seduhan teh putih ini akan menghasilkan warna putih keperakan. Teh ini menghasilkan aroma bunga yang harum. Citarasa yang dihasilkan teh putih ini pun sangat ringan dan manis di lidah.

Apa Saja Manfaat Teh Putih Bagi Kesehatan?

1. Menurunkan Berat Badan

image
menurunkan berat badan/freepik.com

Apakah kamu salah satu orang yang ingin menurunkan berat badanmu saat ini? Nah, teh putih ini bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan alami. Teh putih ini membantumu untuk menurunkan berat badan dengan membakar sel-sel lemak yang ada dan mencegah pembentukan sel yang baru. Kandungan teh putih ini dapat berfungsi untuk membakar lemak.

2. Meredakan Jerawat

image
jerawat di wajah/freepik.com

Memiliki jerawat pada wajah memang kadang membuat sebagian orang melakukan berbagai cara untuk dapat menghilangkannya. Kali ini kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi teh putih untuk meredakan jerawatmu lho! Antiseptik dan antioksidan dalam teh putih ini dapat meredakan jerawatmu. Kamu bisa mengonsumsi teh putih ini secara rutin atau menggosok teh putih yang sudah direndam di kapas ini pada jerawat di wajahmu.

3. Membantu Perawatan Kanker

Teh putih memilliki efek antioksidan dan antiproliferatif yang dapat menghancurkan sel-sel yang sakit dan meindungi sel-sel yang sehat. Maka tah heran jika teh putih ini lebih efektif menghancurkan sel-sel kanker dalam penelitian dibandingkan dengan teh hijau. Teh putih adalah sumber antioksidan dan polifenol yang dapat melawan sel kanker dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Rambut

image
rambut sehat/freepik.com

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari rutin mengonsumsi teh putih adalah terjaganya kesehatan rambut dan kulitmu. Sifat antiinflamasi dari antioksidan ini dapat memperkuat jaringan ikat dan membantu mengurangi alergi seperti ketombe pada rambut, mencegah rambut agar tidak mudah rontok, serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Awet Muda

image
kulit sehat/freepik.com

Teh putih pun memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan EGCG pada teh putih dapat membuatmu menjadi awet muda lho! Hal ini karena kandungan fenol yang tinggi pada teh putih ini. Teh putih dapat memperkuat elastin dan kolagen sehingga membuat kulit menjadi lebih kuat dan dapat mencegah kerutan pada wajah. Jadi, teh putih ini sangat baik jika dikonsumsi dengan rutin untuk merawat kesehatan tubuh kita.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id