sign up SIGN UP

LIFE

Pahami 5 Alasan Dibalik Diet Kamu yang Selalu Gagal

Marthapuri Utari | Minggu, 10 Feb 2019 04:00 WIB
Pahami 5 Alasan Dibalik Diet Kamu yang Selalu Gagal
caption
Merasa sudah susah payah diet dan berolahraga tapi timbangan tidak berubah? Yuk kenali kesalahan diet yang seringkali tidak disadari. Simak penyebab gagal diet yang membuat berat badan tak kunjung turun berikut ini.

1. Asupan Kalori Tidak Tepat


Kamu sudah rutin berolahraga dan menjalani diet, tapi berat badan stagnan alias tak kunjung turun? Bisa jadi penyebabnya adalah asupan kalori yang tidak tepat. Banyak orang yang justru menambah porsi makan setelah berolahraga dengan dalih mengganti kalori yang terbakar, padahal hal ini sangat tidak tepat.

Selain itu, perhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi. Pastikan kalori yang masuk tidak melebihi dari yang dibutuhkan tubuh. Selalu atur pola makan sehari-hari dan jangan makan di atas pukul 07.00 malam.


Foto: https://id.pinterest.com/pin/313985405242947413/

2. Terlalu Banyak Konsumsi Lemak


Kalau kamu masih punya kebiasaan makan makanan berlemak termasuk gorengan, bisa jadi penyebab berat badan tak kunjung turun. Batasi konsumsi lemak sesuai dengan jumlah harian yang disarankan. Kamu bisa memulai dengan mengurangi asupannya sedikit demi sedikit. 



Foto: https://id.pinterest.com/pin/675540012834078370/

3. Asupan Karbohidrat Berlebih


Penyebab diet gagal kamu salah satunya adalah mengkonsumsi nasi atau jenis karbohidrat lain dalam porsi yang cukup banyak atau asupan karbohidrat yang berlebihan. Oleh sebab itu, perbanyaklah lauk berprotein tinggi serta sayur mayur untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kamu. Kamu juga bisa menggantikan cemilan yang tidak sehat dengan buah-buahan. Kalau masih sulit menghilangkan karbohidrat atau nasi dalam menu harian, mulailah dengan mengurangi porsinya sedikit demi sedikit agar perut menjadi terbiasa. 


Foto: https://id.pinterest.com/pin/509821620311660593/

4. Kurang Mengkonsumsi Air Putih


Rasanya semua orang sudah paham betul pentingnya mengkonsumsi air putih. Dan setiap orang ternyata mempunyai kebutuhan air yang berbeda-beda berdasarkan berat badan serta aktivitasnya. Saat diet, kurang minum dapat menjadi kendala gagalnya program. Mengapa? Keberadaan air dalam tubuh dapat membantu mempercepat proses metabolisme dan mengurangi rasa lapar. Oleh sebab itu, memperbanyak asupan air saat diet menjadi penting. 

 


Foto: https://id.pinterest.com/pin/512566001338557380/

5. Stres


Pasti kamu bertanya-tanya mengapa stres dapat menggagalkan dietmu? Ya karena stres dapat meningkatkan hormon neuropeptida Y (NPY) yang menyebabkan kenaikan nafsu makan Sehingga asupan makanan bertambah dan menurunkan pemakaian energi. Kalau tak ingin gagal diet, sebisa mungkin hindari stres. Kamu juga bisa mengurangi stres dengan meditasi atau berjemur di pagi hari. Saat tubuh kamu sedang tidak stres, maka kerja hormon menjadi lebih seimbang sehingga berat badan lebih cepat turun.


Foto: https://id.pinterest.com/pin/316800155035721249/

Nah itu adalah lima penjelasan singkat mengenai penyebab berat badan tak kunjung turun saat diet. Semoga setelah tahu penyebabnya, kamu bisa menjalani diet sehat alami demi mencapai berat badan yang ideal ya Beautynesian.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id