sign up SIGN UP

LIFE

Paling Sering Disajikan Saat Sarapan, Apa Perbedaan 5 Jenis Roti Ini?

Retno Wulandari | Jumat, 20 Mar 2020 03:00 WIB
Paling Sering Disajikan Saat Sarapan, Apa Perbedaan 5 Jenis Roti Ini?
caption
Meskipun terkenal enak dan menyehatkan, tetap saja mengonsumsi roti sebagai sarapan bukanlah budaya warga Indonesia. Meskipun begitu, ternyata ada beberapa jenis roti yang terkenal dan sering disajikan saat sarapan yang perlu kamu ketahui, Ladies. Nah, kira-kira ada apa saja? Yuk simak artikel ini!

1. White Bread


Foto: Istimewa

Jenis roti yang paling sering kita temui di meja makan atau di rak-rak minimarket ialah white bread atau biasa kita sebut dengan roti putih. Meskipun penampilan dari roti putih ini sekilas mirip seperti roti tawar, ternyata keduanya memiliki perbedaan lho, Ladies. Roti putih terbuat dari gandum, lalu kulit ari dan buliran pada roti putih sudah dibuang. Hal inilah yang menjadi pembeda antara roti putih dengan roti tawar.
 


2. Sourdough


Foto: Istimewa

Ladies, untuk roti yang satu ini mungkin terdengar sangat unik dan tidak begitu familiar. Tapi tahu kah kamu, ternyata sourdough merupakan arti dari teknik dalam membuat roti dengan memanfaatkan ragi dari khamir liar seperti candida milleri dan lactobacillus, seperti lactobacillus sanfrancisco yang menghasilkan fermentasi lebih lama ketimbang ragi biasa yang menggunakan saccharomyces.
 
Sourdough memiliki tekstur yang empuk dan rasanya sedikit unik dari roti lainnya karena asam serta aromanya yang khas. Meskipun rasanya asam, roti ini menjadi salah satu jenis roti yang menjadi primadona bagi penggemar artisan bread karena menyehatkan lho.
 


3. Brioche


Foto: Istimewa

Jenis roti yang juga kerap disajikan saat sarapan ialah brioche. Ya, roti asal Prancis ini memiliki kandungan telur dan mentega yang tinggi sehingga menghasilkan tekstur yang lembut. Brioche memiliki tampilan sedikit mengembang tergantung jumlah telur dan mentega yang digunakan. Roti klasik dari Prancis ini biasanya disajikan bersama teh, cokelat panas, atau kopi.
 



4. Whole Wheat Bread


Foto: Istimewa

Whole wheat bread alias roti gandum utuh juga termasuk salah satu jenis roti yang paling sering disajikan saat sarapan. Hal ini dikarenakan jenis roti ini memiliki serat, fitokimia, vitamin, dan mineral yang dapat membantu mengontrol berat badan, mengurangi risiko diabetes tipe 2, menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Roti gandum utuh ini dibuat dari tepung biji gandum utuh dengan tekstur sedikit kasar, Ladies.
 


5. Ciabatta


Foto: Istimewa

Ciabatta merupakan jenis roti yang berasal dari Italia. Untuk jenis roti yang satu ini terbuat dari tepung terigu atau tepung gandum, air, minyak zaitun, ragi, dan garam. Ciabatta berbentuk sedikit memanjang, luas, dan rata.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id