sign up SIGN UP

Resep dan Deretan Manfaat Wedang Uwuh yang Bisa Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

Siti Mukaromah | Sabtu, 17 Jul 2021 15:00 WIB
Resep dan Deretan Manfaat Wedang Uwuh yang Bisa Bantu Tingkatkan Imun Tubuh
caption

Wedang uwuh adalah salah satu resep tradisional yang sudah diwariskan secara turun-temurun oleh para nenek moyang kita. Wedang uwuh sendiri berasal dari bahasa Jawa, 'Wedang' yang artinya minuman dan 'Uwuh' yang artinya sampah. Dinamai demikian karena tampilan minuman ini yang terlihat layaknya tumpukan sampah 'organik', Beauties.

Pasalnya, dibuat dari beberapa macam rempah yang dikumpulkan dan direbus, untuk kemudian dikonsumsi. Minuman yang berasal dari Yogyakarta ini dikenal memiliki segudang manfaat. Mulai dari detoksifikasi, antioksidan, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit. Yuk, dicoba!

Resep Membuat Wedang Uwuh

Wedang uwuh, imun, resep
Cara membuat wedang uwuh/instagram.com/bucit

Untuk menikmati manfaat dari wedang uwuh ini ada beberapa rempah–rempah yang kamu siapkan nih, Beauties, di antaranya

  • Jahe
  • Kayu secang
  • Cengkeh
  • Daun dan akar sereh
  • Daun dan biji pala
  • Kapulaga
  • Daun dan batang kayu manis
  • Gula batu

Setelah semua bahan rempah terkumpul, kamu hanya perlu merebus atau menyeduhnya dengan air panas. Jika kamu ingin memperkuat rasa jahe pada wedang uwuh, sebelum menyeduhnya kamu bisa membakar jahe yang sudah kamu siapkan itu dan memipihkannya. Teknik ini pun biasa digunakan untuk memperkuat rasa dan aroma jahe ketika akan dikonsumsi.

Manfaat Wedang Uwuh

Wedang uwuh, imun, resep
Manfaat wedang uwuh/Instagram.com/mrs.renjana

Beauties, jika mengkonsumsi minuman ini ternyata tidak hanya satu dua manfaat saja yang akan kamu dapat. Di antaranya:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bahan jahe dan kapulaga yang kamu pakai untuk membuat minuman ini, dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini disebabkan oleh fungsi kapulaga dan ekstrak jahe, yang memang berfungsi dalam melawan bakteri dan patogen lainnya yang masuk ke dalam tubuh.

Meredakan Batuk dan Pilek

Wedang uwuh, imun, resep
Manfaat wedang uwuh untuk meningkatkan sistem imun/Instagram.com/synthiatjipto

Di samping sifat jahe yang mampu menghangatkan tubuh, perpaduan antara jahe dan gula batu juga diketahui mampu redakan batuk dan pilek yang sedang kamu alami. Gula batu bermanfaat dalam menenangkan rongga mulut dan meluruhkan lendir di rongga pernapasan sehingga akan mengurangi batuk.

Terlebih lagi jika jahe yang kamu gunakan adalah jahe merah. Kandungan minyak atsiri pada jahe merah dipercaya punya manfaat untuk mengatasi batuk pada orang dewasa maupun anak – anak.

Mendetoksifikasi

Proses detoksifikasi sebenarnya secara alami terjadi pada tubuh, tanpa harus kita konsumsi makanan atau minuman tertentu. Meski begitu, pala diketahui bisa membantu proses ini. Organ tubuh yang diketahui menjadi tempat 'bersarangnya racun' adalah hati dan ginjal.

Antioksidan

Wedang uwuh, imun, resep
Wedang uwuh sebagai antioxidant/Instagram.com/ophie_nov

Tidak hanya manfaat kesehatan, ternyata wedang uwuh juga berperan sebagai antioksidan, karena sereh yang kamu gunakan. Adapun antioksidan dipercaya bisa membantu mengurangi radikal bebas dan produksi kolagen dalam kulit.

Beauties, konsumsi wedang uwuh memang dapat memberikan kita banyak manfaat, namun ada baiknya jika kamu tetap mengontrol takarannya. Karena walau bagaimanapun, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kita.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id