sign up SIGN UP

LIFE

Resep Kue Pie Teflon Lembut dan Praktis

Vindi Fitriana | Minggu, 07 Jun 2020 12:30 WIB
Resep Kue Pie Teflon Lembut dan Praktis
caption

Lagi kepingin kue pie susu? Tenang, sekarang kamu tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk membeli kue pie susu yang khas tersebut. Karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang mudah dan anti gagal. Dijamin rasanya juga tak kalah enak kok. Bahkan kamu tak perlu oven untuk membuat kue pie ini. Cukup dengan teflon. Berikut resepnya.

1. Bahan yang Dibutuhkan

image
Foto: Freepik.com

Membuat camilan satu ini membutuhkan dua lapisan, yaitu bahan untuk alas pie susu dan bahan untuk isian pie susu. Berikut bahan yang perlu disiapkan:

Bahan untuk kulit pie susu:


  • 200 gr tepung terigu
  • 100 gr margarin
  • 1 butir telur
  • 1 sdm maizena

Bahan untuk isi pie susu: 

  • 100 ml kental manis
  • 100 ml air 
  • 50 gr tepung maizena
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 sdt vanila bubuk

2. Cara Membuat Adonan Kulit Pie

image
Foto: Freepik.com

 

Setelah mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan, kamu bisa memulai dengan membuat adonan kulit pie susu. Berikut langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Langkah pertama yang kamu lakukan adalah menyiapkan mangkuk besar atau wadah. Lalu masukkan tepung terigu dan margarin. Kamu dapat mengaduknya secara merata. Masukkan telur dan maizena. Aduk rata, uleni hingga kalis. Diamkan.
  2. Kemudian kamu bisa membuatnya dengan menggunakan teflon, oleskan margarin dengan merata. Setelah itu gilas adonan hingga selebar teflon. Kamu dapat menata di teflon dengan membentuk mangkuk. Jangan lupa untuk menusuk dasarnya dengan menggunakan garpu agar dapat matang secara merata.
  3. Tutup teflon dan masak dengan api kecil. Jika tak ingin adonan kulitnya cepat gosong.

 

3. Cara Membuat Adonan isi Pie Susu

kue pie telfonkue pie telfon/ Foto: Youtube.com/Rita Melani

Jika sudah membuat kulit pie nya, saatnya kamu membuat isian untuk pie susunya. Caranya cukup mudah, berikut langkahnya: 

  1. Siapkan panci dan larutkan maizena dengan air, tuang kental manis, gula dan kuning telur. Aduk rata. Masukkan vanili bubuk dan aduk merata lagi. Pastikan tidak menggumpal ya, ladies!
  2. Rebus adonan isi pie susunya dengan api kecil, masak hingga mengental dan mendidih.
  3. Setelah isian pie matang, kamu dapat menaruh kembali kulit pie susu yang sudah jadi sebelumnya, lalu tuang isian pie ke dalam kulit pie tersebut menggunakan teflon. Masak sebentar dan usahakan jangan terlalu lama agar pie susu tidak menjadi gosong. Setelah itu kamu dapat menyajikan pada piring. 

Nah, itulah beberapa step dalam membuat kue pie susu telfon. Pastikan kamu memahami dengan detail setiap langkahnya ya. Supaya kamu berhasil dalam membuat kue pie susunya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id