sign up SIGN UP

LIFE

Sedang Diet? Ganti Cara Mengolah Bahan Makanan dengan 4 Alternatif Ini

Shinta Nikmah | Selasa, 06 Apr 2021 07:00 WIB
Sedang Diet? Ganti Cara Mengolah Bahan Makanan dengan 4 Alternatif Ini
Mengolah Makanan/ Foto: freepik.com

Apakah saat ini kamu sedang diet? Jika iya, berarti kamu harus hati-hati mengkonsumsi makanan selama diet.

Banyak orang yang berpikiran bahwa diet harus kelaparan, padahal faktanya kamu hanya harus memperhatikan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh serta disiplin menerapkan pola makan yang sehat, olahraga secara rutin, serta cukup istirahat.

Untuk memudahkanmu mengurangi jumlah kalori dalam makanan, kamu harus mengolah bahan makanan dengan tepat. Sebab mengolah bahan makanan dengan cara yang kurang tepat seperti menggoreng dengan minyak yang terlalu banyak, atau bahkan dengan proses deep fried akan membuat kalori makanan semakin tinggi.

Berikut tips cara mengolah makanan agar kalorinya tidak terlalu banyak. Apa saja ya?

Direbus

boiled
Makanan Rebus Lebih Sehat/ Foto: freepik.com

Salah satu cara terbaik mengkonsumsi sayuran ketika diet adalah dengan merebusnya. Kamu bisa merebus kentang, bayam, wortel, telur, dan bahan makanan lain daripada memasaknya dengan minyak. Merebus makanan juga menjadi alasan mengapa banyak orang Jepang memiliki badan yang proporsional, sebab kebanyakan menu makanan diolah dengan cara direbus.

Merebus bahan makanan otomatis menghindarkanmu dari minyak yang mampu menambah kalori pada makanan. Namun jangan merebus bahan makanan terlalu lama sebab bisa menghilangkan banyak nutrisinya.

Dikukus

Steam
Mengukus Makanan Lebih Menjaga Nutrisi/ Foto: freepik.com

Selain merebus bahan makanan, kamu juga bisa mencoba mengolah makanan dengan cara dikukus. Mengukus makanan dipercaya bisa mempertahankan nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan. Selain terhindar dari minyak, kamu bisa mendapatkan makanan bernutrisi yang bagus untuk menurunkan berat badan. Mengkonsumsi makanan kukus juga lebih menyehatkan karena lebih rendah kalori dan kolesterol.

Dipanggang

grill
Memasak Daging Dengan Dipanggang/ Foto: freepik.com

Alih-alih digoreng, lebih baik kamu mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara dipanggang. Memanggang makanan tidak memerlukan minyak sehingga lebih rendah kalori. Kamu bisa mengkonsumsi ikan atau daging yang dipanggang daripada digoreng dengan minyak.

Namun jangan mengoleskan margarin atau butter ketika memanggang makanan, sebab penggunaan margarin atau butter juga sama halnya menggunakan minyak saat mengolah makanan sehingga bisa menambah kalori.

Ditumis

Tumis
Menumis Makanan Dengan Sedikit Minyak/ Foto: freepik.com

Menumis makanan juga disarankan ketika mengolah makanan saat diet dengan catatan tidak menggunakan minyak terlalu banyak. Kamu bisa meminimalkan takaran dengan hanya menggunakan 2 atau 3 sendok minyak makan ketika menumis. 

Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun yang lebih rendah kalori saat menumis makanan. Bahan makanan yang bisa diolah dengan cara ditumis antara lain sayuran hijau, orak-arik telur, atau daging ayam.

[Gambas:Instagram]

Dimakan Mentah

Salad
Salad Sehat/ Foto: freepik.com

Bahan makanan yang tidak perlu melalui proses masak dan bisa dimakan langsung biasanya kita jumpai pada salad dan lalapan. Lalapan sering dijumpai pada menu makanan yang menyuguhkan sambal dan lauk yang digoreng. Jika kamu ingin bahan makanan fresh langsung makan dan tentunya sehat serta rendah kalori, kamu bisa menambahkan lalapan ketika makan.

Tidak hanya rendah kalori, lalapan juga menyehatkan sebab mengandung antioksidan dan vitamin yang mampu memelihara kesehatan serta mencegah penyakit. Lalapan yang mungkin kamu sukai dan sering dijumpai antara lain, mentimun, kemangi, kol, tomat, dan masih banyak lainnya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id