sign up SIGN UP

LIFE

Selain Ampuh untuk Jerawat, Cuka Apel juga Efektif untuk Membantu Diet

Dian Aprilia | Minggu, 11 Apr 2021 20:45 WIB
Selain Ampuh untuk Jerawat, Cuka Apel juga Efektif untuk Membantu Diet
caption

Cuka apel adalah cairan herbal yang terbuat dari air perasan apel yang dicampur dengan bakteri dan ragi untuk proses fermentasi. Proses pembuatan cuka apel adalah melalui dua langkah, yakni apel dihancurkan dan dicampur dengan ragi guna mengubah gula jadi alkohol. Selanjutnya tambahkan bakteri untuk fermentasi alkohol menjadi asam asetat.

Cuka apel diketahui bisa membantu mengatasi masalah jerawat. Sebab cuka apel bersifat antibakteri dan mengandung antioksidan yang bisa mencegah kerusakan karena radikal bebas. Selain itu, cuka apel juga dikenal efektif untuk membantu program diet, lho!

Kandungan Cuka Apel

Cuka apel
Cuka apel/pixabay

Cuka apel mengandung senyawa berikut ini:

Asam asetat (5-6%) komponen aktif utama yang memiliki rasa asam dan bau yang menyengat. Air Asam yang kadarnya kecil, seperti asam gallic, katekin, patekin, asam folat, biotin, kalium dan juga fosfor. Vitamin (A, B, B1, B2, B6, C, dan E), potassium, kalsium, dan magnesium.

Manfaat Cuka Apel untuk Diet

Cuka apel
Cuka apel/pexels.com

Selain bagus untuk mengatasi masalah jerawat, cuka apel juga efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan cuka apel bisa mencegah munculnya rasa lapar sehingga bisa membantu program dietmu.

Kandungan asam asetat dalam cuka apel juga memiliki manfaat yang besar untuk menurunkan berat badan. Diantaranya adalah meningkatkan metabolisme, mengurangi penyimpanan lemak di perut dan organ hati, membakar lemak dan menurunkan rasa lapar.

Berdasarkan penelitian Kondo et al (2009) dengan 144 responden yang mengonsumsi cuka apel sebanyak 1-2 sdm per hari. Diketahui bisa menekan nafsu makan dan menurunkan berat badan. Selain itu, berdasarkan penelitian Khezri et all (2018) diketahui konsumsi cuka apel juga bisa menurunkan kadar lemak tubuh, lingkar perut, kolesterol LDL dan trigliserida.

Cara Konsumsi Cuka Apel

Salad
Salad/pexels.com
  • Masukkan 1-2 sdm cuka apel dalam segelas air, kira-kira 240 ml.
  • Sehari cukup konsumsi 1-2 sdm saja ya, karena jika berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.
  • Sebaiknya minum dengan sedotan, agar mencegah kerusakan gigi akibat asam dalam cuka apel. Selain diminum, kamu bisa mengonsumsi cuka apel sebagai salad dressing dengan minyak zaitun.
  • Cuka apel bisa meningkatkan cita rasa dari bahan-bahan salad, seperti sayuran hijau, timun dan tomat.
  • Kamu juga bisa kombinasikan cuka apel dengan madu dan juga jus buah.
  • Jangan konsumsi cuka apel secara langsung, sebab bisa memicu munculnya rasa panas di mulut dan tenggorokan.

Itulah seluk beluk mengenai cuka apel dan khasiatnya. Namun bagi penderita maag harus berhati-hati saat akan mengonsumsi minuman herbal ini. Sebab tingkat keasamannya yang tinggi bisa memperburuk gejala masalah lambung.  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id