sign up SIGN UP

LIFE

Selain Berjemur, Ini Cara Lain Dapatkan Vitamin D untuk Cegah Corona

Ajiest Lantang | Minggu, 12 Apr 2020 04:00 WIB
Selain Berjemur, Ini Cara Lain Dapatkan Vitamin D untuk Cegah Corona
caption
Berjemur di bawah sinar matahari jadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan wabah pandemi virus Corona, Covid-19. Tak hanya untuk bayi, orang dewasa termasuk ibu hamil pun dianjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari. Kegiatan ini disarankan untuk dilakukan setiap pagi selama 10-15 menit.

Meskipun bisa mendapatkan vitamin D melalui makanan dan suplemen, ada baiknya kita mendapatkan vitamin D secara alami. Salah satunya dengan berjemur di bawah sinar matahari. Karena diketahui, paparan sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami.


Manfaat Berjemur




Foto: https://pixabay.com/

Berjemur demi mendapatkan vitamin D alami dari tubuh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut 5 manfaat berjemur di bawah sinar matahari pagi seperti dilansir dari CNN Indonesia:

        
  1. Meningkatkan kualitas tidur. Sinar matahari membantu tubuh mengatur produksi melatonin, hormon penting yang mengatur siklus bangun-tidur seseorang.
  2.     
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh. Sejak jaman dahulu, berjemur dipercaya dapat membantu tubuh melawan penyakit dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4.     
  5. Meningkatkan suasana hati. Sinar matahari memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin yang dapat meningkatkan suasana hari dan perasaan tenang.
  6.     
  7. Menguatkan tulang. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium yang dapat membuat tulang lebih kuat dan mencegah osteoporosis.
  8.     
  9. Menurunkan risiko persalinan prematur. Vitamin D juga dipercaya melindungi ibu hamil dari risiko persalinan prematur dan infeksi saat proses melahirkan.
Jika kamu terlewat atau kesiangan untuk berjemur, ada cara lain kok mendapatkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Berikut cara-cara alami mendapatkan vitamin D selain berjemur:

Konsumsi Ikan Berlemak dan Makanan Laut




Foto: Istimewa

Dilansir dari CNN Indonesia, salah satu sumber alami vitamin D terbaik ada pada ikan berlemak dan makanan laut. Beberapa jenis ikan yang kaya vitamin D di antaranya yaitu salmon, tuna, ikan kembung, ikan sarden, teri, udang dan tiram.



Konsumsi Jamur




Foto: https://www.cnnindonesia.com/

Jamur juga dapat memproduksi vitamin D setelah terpapar sinar matahari. Umumnya, jamur liar mengandung lebih banyak vitamin D dibandingkan dengan jamur yang dibudidayakan secara komersial.


Kuning Telur




Foto: https://pixabay.com/

Kandungan vitamin D dalam kuning telur bervariasi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kuning telur ayam kampung bisa memberikan 20 persen kebutuhan vitamin D harian.


Olahan Susu




Foto: Istimewa

Vitamin D juga terdapat dalam berbagai olahan susu. Seperti susu sapi, susu almond, susu kedelai dan yogurt.


Olahan Kedelai




Foto: Istimewa

Sumber vitamin D lainnya terdapat dalam produk olahan kedelai. Seperti tahu, tempe dan susu kedelai.

Baca Juga: Kreatif, Ini 7 Kelakuan Kocak Selebriti Saat Berjemur Melawan Wabah COVID-19


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id