sign up SIGN UP

LIFE

Siap Diundang Kerajaan, Ini Dia Tata Cara Minum Teh ala Bangsawan Inggris

Dimitrie Hardjo | Rabu, 31 Mar 2021 10:15 WIB
Siap Diundang Kerajaan, Ini Dia Tata Cara Minum Teh ala Bangsawan Inggris
caption
Jakarta -

Ladies, pernah mendengar istilah "afternoon tea"? Afternoon tea atau “low tea” merupakan jamuan minum teh yang biasa dilakukan para bangsawan Inggris pada tahun 1800-an yang berlangsung sekitar pukul 3 atau 4 sore. Saat ini, afternoon tea masih dilakukan oleh keluarga kerajaan Inggris dan semakin populer di masyarakat. 

Tapi, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk melakukan afternoon tea. Jamuan teh ini bisa dilakukan di banyak tempat, seperti di hotel, restoran yang menyediakan afternoon tea, atau bisa kamu lakukan di rumahmu sendiri. Persiapkan tea set cantik, aneka teh dan makanan ringan, seperti kue tart, scones, finger sandwiches, dan undang teman-temanmu untuk minum teh bersama. Eits! Sebelumnya, ketahui dulu yuk tata cara jamuan teh ala kerajaan ini.

1. Gunakan loose leaf tea

Loose leaf tea.
Loose leaf tea. Foto: unsplash.com

Para bangsawan Inggris tidak menyediakan tea bags selama afternoon tea, melainkan loose leaf tea dengan strainer karena rasanya yang lebih nikmat. Kamu bisa menggunakan jenis teh sesuai selera, seperti white tea, green tea, infusion, atau pun black tea, seperti earl grey, english breakfast, atau rooibos tea. Diamkan strainer dengan loose leaf tea di dalamnya dan angkat strainer sebelum kamu menikmatinya.

2. Tuang teh sebelum susu

Menuang susu setelah teh.
Menuang susu setelah teh. Foto: unsplash.com

Afternoon tea biasa menggunakan susu cair sebagai campuran teh, baik fresh milk, skim milk, almond milk, atau soy milk. Namun, kamu harus menuangkan teh terlebih dahulu sebelum mencampurkan susu agar kamu bisa menakar banyaknya susu yang kamu inginkan tanpa menghilangkan rasa asli teh tersebut. Namun, perlu diperhatikan cukup jenis black tea saja yang memerlukan campuran susu ya, Ladies.

3. Aduk secara perlahan

Aduk teh secara perlahan.
Aduk teh secara perlaham. Foto: unsplash.com

Setelah mencampurkan susu dalam teh, aduk dengan sendok kecil khusus teh secara perlahan sehingga tidak menimbulkan bunyi. Jangan buat pusaran air, tapi aduklah searah jam 12 ke jam 6.

4. Jangan angkat piring alas cangkir

Kate Middleton meminum teh di British High Commission, Kuala Lumpur
Kate Middleton meminum teh di British High Commission, Kuala Lumpur. Foto: vogue.com

Selalu letakkan piring alas cangkir di atas meja ketika kamu minum. Cukup angkat cangkir ketika kamu ingin meneguk teh dan letakkan kembali di atas piring alas sesudahnya dengan tangkai cangkir menghadap arah jam 3. Pada kondisi berdiri atau tidak ada meja untuk menikmati teh, bawa piring alas bersama cangkirnya.

5. Lipat jari kelingking

Melipat jari kelingking saat memegang cangkir.
Melipat jari kelingking saat memegang cangkir. Foto: unsplash.com

Beberapa orang berasumsi ketika sedang meminum teh, jari kelingking harus menunjuk ke arah luar saat memegang cangkir. Asumsi ini merupakan hal yang salah, melainkan lipatlah jari kelingkingmu ke dalam seperti jari lainnya saat memegang tangkai cangkir.

6. Makan hidangan dengan urutan yang tepat

Makan dengan urutan yang tepat.
Makan dengan urutan yang tepat. Foto: unsplash.com

Urutan yang tepat untuk menyantap makanan ringan yang telah disediakan, yaitu dimulai dari yang savory atau gurih terlebih dahulu hingga makanan yang manis. Kamu juga bisa memakannya langsung dengan tangan atau dengan bantuan garpu. Contohnya kamu makan finger sandwich dengan tangan dan kue dengan garpu. Selain itu, jangan pernah mencelupkan makanan ke dalam teh ya, Ladies!

Nah, itu dia tata cara melakukan afternoon tea ala bangsawan Inggris. Sudah siap dipraktikkan?

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id