sign up SIGN UP

LIFE

Suka Nasi Padang Tapi Lagi Diet? Jangan Khawatir! Ada Triknya, Lho

Rima WK | Senin, 26 Apr 2021 17:30 WIB
Suka Nasi Padang Tapi Lagi Diet? Jangan Khawatir! Ada Triknya, Lho
caption
Jakarta -

Siapa yang tak suka Nasi Padang. Sebungkus Nasi Padang kerap menjadi alternatif makanan praktis, enak dan mengenyangkan dalam banyak kegiatan. Dengan menu komplet di dalamnya, membuat siapa saja ingin mencobanya, seperti lauk rendang, ayam bakar, hingga sayur nangka serta sambal hijau khasnya. 

Namun, enaknya Nasi Padang kerap menjadi musuh bagi orang-orang yang sedang menjalani diet. Tak hanya dengan alasan sebungkus Nasi Padang yang banyak tapi juga pilihan menu di dalamnya. Yuk, simak beberapa cara agar kamu masih bisa mencicipi enaknya Nasi Padang meski sedang diet. 

Kenali Kandungan Menu 

Sayur Nangka Padang.
Sayur Nangka Padang/Sumber/Pinterest/Doyanresep.

Dilansir dari Detik Health, dalam satu porsi Nasi Padang yang umumnya terdiri dari nasi putih (200 gram 360 kkal), sayur nangka (50 gram 80 kkal), daun singkong (50 gram 25 kkal), dan rendang daging (100 gram 193 kkal), memiliki jumlah kalori 658 kkal. 

Tingginya jumlah kalori tak melulu menjadi penyebab utama diet gagal. Dalam beberapa kasus, kalori yang membuatmu gemuk dipengaruhi juga dengan metabolisme tubuh, hormon dan probiotik usus. 

Ayam Pop.
Ayam Pop/Sumber/Pinterest/resepkuali.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang diet, khususnya memilih untuk defisit kalori harus pintar-pintar memilih menu di etalase warung Nasi Padang, nih. Misalnya, mulai dari menu rendang daging atau ayam goreng, yang diolah dengan minyak atau santan dengan kalori tinggi, diganti dengan ayam pop yang diolah dengan bumbu yang lebih rendah kalori. Ayam popnya pun bisa memilih pada bagian dada dengan kandungan protein tinggi. 

Namun, terkait kalori, kalian bisa menghitung  terlebih dahulu kebutuhan kalori harian, agar bisa disesuaikan dengan jumlah asupan yang kalian maka. Caranya, Berat Badan Ideal (BBI) = (Tinggi Badan - 100) - (10% dari hasil TB-100). Untuk perempuan dihitung dengan 25 kkal x BBI, sedangkan laki-laki 30 kkal x BBI. 

Porsi Tak Berlebih 

Tak hanya soal kandungan atau jumlah kalori yang harus diketahui. Kalian juga harus bisa mengetahui batasan porsi makan. 

Porsi makan ini juga mempengaruhi rendah dan tingginya asupan kalori, agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalori masing-masing. 

Nasi Putih.
Nasi Putih/Sumber/Pinterest/wikihow.

Umumnya, cara para pejuang diet untuk ingin tetap mencicipi Nasi Padang adalah dengan mengurangi porsi nasi putih, yang diketahui memiliki kalori tinggi. Selain itu, pejuang diet biasanya menghindari sayur nangka yang diolah dengan santan. Sebab, banyak yang menilai santan tidak sehat, tapi tidak sehatnya santan apabila dipanaskan berulang-ulang. 

Pilihan Menu Pendamping

Hot tea.
Hot tea/sumber/pinterest/crateandbarrel.

Seporsi Nasi Padang umumnya didampingi dengan minum-minuman dengan kandungan gula  tinggi, seperti jus alpukat, es teh manis, dan jeruk manis. Meski alpukat dan jeruk berasal dari buah yang menyehatkan, dan teh juga memiliki khasiat baik untuk tubuh, tapi itu semua diolah dengan campuran gula yang membuat para pejuang diet resah. 

Kalian bisa menyiasatinya dengan meminum air putih atau teh tawar yang memiliki 0 kalori. Ini juga bisa menjadi cara agar kalian tidak begah saat makan. 

Perhatikan Pola Hidup Sehat

Olahraga berlari.
Olahraga berlari/Sumber/Pinterest/Okchicas.

Meski kalian sudah mengetahui kandungan dalam menu Nasi Padang, menyiasati pori dan memilih menu yang seimbang, tidak menjamin pejuang diet untuk santai begitu saja. Baik sedang diet atau tidak, penting untuk diterapkan pola hidup yang sehat. 

Setiap asupan dan gerakan menjadi perhitungan para pejuang diet. Untuk itu, pentingnya untuk menjaga asupan seperti memiliki jam makan, olahraga dan istirahat yang teratur agar usaha kalian dalam menjaga badan agar tetap sehat terjaga dan membentuk pola dalam hidup hingga hari tua. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id