sign up SIGN UP

LIFE

Tanda-tanda Kelebihan Berat Badan yang Harus Diwaspadai, Segera Diet!

Dian Aprilia | Jumat, 19 Feb 2021 21:00 WIB
Tanda-tanda Kelebihan Berat Badan yang Harus Diwaspadai, Segera Diet!
caption
Jakarta -

Kadangkala orang yang mengalami kegemukan, tidak menganggap hal itu jadi masalah besar. Sebab mereka merasa nyaman dengan tubuhnya dan tetap merasa percaya diri. Meski begitu, secara kesehatan, kegemukan bisa meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Mulai dari jantung, stroke hingga diabetes.

Untuk itu, setiap orang harus mengontrol berat badannya secara berkala, agar tidak sampai melebihi berat badan ideal atau bahkan sampai di tingkat obesitas. Tidak hanya melalui ukuran berat badan, kamu bisa juga mengetahui gejala berat badan berlebih dengan berbagai tanda berikut ini:

Mudah Capek

Mudah capek
Mudah capek/pexels.com

Bagi orang yang berat badannya berlebih maka rentan mengalami kelelahan kronis. Hal ini dikarenakan berat badan memberikan tekanan di berbagai organ tubuh, salah satunya paru-paru. Otot paru-paru jadi melemah dan tidak bisa memompa udara dengan baik.

Sehingga saat beraktivitas, badan menjadi mudah lelah, sesak nafas, atau ngos-ngosan, meski hanya beraktivitas ringan. Jika sudah begini, sebaiknya hindari aktivitas yang ekstrem dan mulai diet dan juga olahraga ringan dan rutin.

Baju Mulai Sesak

Baju sesak
Baju sesak/pexels.com

Dulu celana ini dipakai pas, kok sekarang sempit dan perut terasa sakit? Wah, hati-hati kalau sudah mengalaminya. Bisa jadi ini menjadi tanda-tanda awal saat berat badan naik. Oleh sebab itu, be aware dengan kondisi tubuh sendiri ya, agar bisa menangani sesegera mungkin jika berat badan mulai naik.

Nyeri Lutut dan Sendi

Nyeri tulang
Nyeri tulang/pexels.com

Tanda selanjutnya adalah rasa nyeri di tulang dan juga sendi, baik di lutut, pinggang, dan juga punggung. Hal ini wajar terjadi saat gemuk karena lemak menumpuk dan badan bertambah berat. Sementara tulang tidak bisa bertambah besar, alhasil berat badan memberikan beban lebih besar pada tubuh.

Bagi kamu yang mengalami hal itu, segera konsultasikan ke dokter dan mulai program diet. Sebab jika tidak, bisa menyebabkan kerusakan tulang dan sendi secara permanen.

Selalu Merasa Lapar

Selalu merasa lapar
Selalu merasa lapar/pexels.com

Pernah gak sih kamu merasa lapar, padahal satu jam yang lalu baru saja makan sepiring penuh nasi padang favoritmu? Jika iya, ini juga bisa menjadi pertanda bahwa berat badanmu sedang atau akan naik. Bila perlu, belilah alat timbangan berat badan, agar bisa mengeceknya sewaktu-waktu.

Usahakan untuk mengisi perut dengan camilan sehat dan porsi yang sedikit saat terasa lapar. Ingat, untuk mengendalikan diri jika rasa lapar terlalu berlebihan atau terlalu sering muncul.

Lingkar Pinggang Lebih dari 80 cm

Lingkar pinggang
Lingkar pinggang/pexels.com

Salah satu cara mudah untuk mengetahui apakah berat badanmu sudah ideal atau belum adalah dengan mengukur lingkar pinggang. Bagi wanita, lingkar pinggang lebih dari 80 cm sudah tergolong obesitas. Oleh sebab itu, kamu harus sudah waspada dan mulai berpikir tentang diet jika mengalaminya.

Selain itu lemak di perut yang berlebihan juga bisa berbahaya bagi organ vital, meningkatkan risiko diabetes, kolesterol tinggi, dan juga tekanan darah tinggi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id