sign up SIGN UP

LIFE

Super Enak, Ini 5 Makanan Jepang yang Populer dan Disukai Orang Indonesia

Dian Aprilia | Kamis, 29 Apr 2021 17:00 WIB
Super Enak, Ini 5 Makanan Jepang yang Populer dan Disukai Orang Indonesia
caption

Selain makanan Korea, makanan Jepang termasuk salah satu makanan dari luar negeri yang populer di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan makanan Jepang memiliki cita rasa yang lezat, bahan-bahan yang berkualitas, dan mengenyangkan.

Tidak hanya itu, makanan Jepang seringkali juga menggunakan bahan-bahan yang segar, seperti daging mentah dan sayuran segar. Sehingga cocok banget untuk yang sedang diet, serta orang-orang yang memperhatikan kesehatannya.

Berikut beautynesia.id telah merangkum berbagai jenis makanan Jepang yang populer dan disukai oleh orang Indonesia.

Sushi

Sushi
Sushi/pexels.com

Sushi termasuk makanan Jepang yang populer dan disukai banyak orang. Makanan yang terbuat dari nasi dengan berbagai lauk seperti makanan laut, daging, sayuran ini memiliki rasa yang enak dan bikin nagih. Apalagi dicampur dengan beragam saus pelengkap, seperti soyu, gari, wasabi, dan juga sachimi.

Suchi memiliki berbagai jenis varian berdasarkan bentuk dan juga bahan yang ada di dalamnya. Diantaranya adalah norimaki, oshizushi, inarisuzhi, nigiri, sashimi, chirashi, uramaki, gunkan, dan banyak lagi lainnya.

Ramen

Ramen
Ramen/pexels.com

Selanjutnya, makanan Jepang yang juga tak kalah populer adalah ramen atau mie kuah ala Jepang. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat ramen di antaranya adalah kuah kaldu seperti shoyu dan miso, mie, tauge, telur, daging ayam, dan rumput laut. Mie dalam ramen memiliki ukuran yang lebih tipis dan juga panjang.

Ramen juga dijual dalam bentuk instan, biasanya sering kita jumpai di berbagai supermarket. Seperti halnya mie instan pada umumnya, ramen memiliki nutrisi yang cenderung rendah dan tinggi kalori. Kira-kira kandungan kalori dalam satu bungkus ramen instan adalah 371 kalori. Sebaiknya tambahkan protein untuk menyeimbangkan nutrisinya.

Teriyaki

teriyaki
Teriyaki/pexels.com

Berbeda halnya dengan Indonesia, daging yang biasa diolah menjadi teriyaki adalah ikan salmon, ikan kembung, ikan forel, ikan marlin dan ikan cakalang. Sementara di Indonesia, kita biasa menjumpai teriyaki dengan bahan daging ayam atau daging sapi.

Proses memasak teriyaki adalah dengan menumis atau memanggang bahan makanan di penggorengan bersama berbagai macam saus, seperti kecap, mirin, gula dan juga madu. Rasanya yang gurih dan agak manis membuat makanan ini disukai banyak orang.

Mochi

Mochi
Mochi/pexels.com

Camilan yang lembut, kenyal dan berbentuk bulat ini memang menarik perhatian masyarakat Indonesia. Kue mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan. Cara membuatnya adalah dengan menanak beras ketan terlebih dahulu. Setelah matang, ketan ditumbuk dengan godam kayu. Lalu dibentuk bulatan dan terakhir direbus atau dipanggang.

Mochi identik dengan perayaan atau festival, sebab biasanya menjadi hidangan tradisional Jepang saat merayakan tahun baru.

Takoyaki

Takoyaki
Takoyaki/pexels.com

Camilan ini cocok untuk kamu yang lebih suka makan-makanan asin dan gurih. Takoyaki adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu dan juga gurita di dalamnya. Makanan ini berbentuk bulatan kecil seperti bola pingpong. Kita bisa menemukan takoyaki di restoran ataupun pedagang kaki lima.

Selain diisi dengan gurita, takoyaki juga bisa dibuat dengan beragam isian seperti keju, ayam, sosis, cumi dan banyak lainnya. Jadi bagi kamu yang gak doyan dengan gurita, kamu bisa memilih isian lainnya.

Itulah 5 jenis makanan Jepang yang populer dan diminati banyak masyarakat Indonesia. Diantara kelima makanan tersebut, mana makanan Jepang yang paling kamu sukai?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id