sign up SIGN UP

LIFE

5 Menu Takjil dengan Kalori Tinggi, Awas Berat Badan Melonjak!

Lifia Mawaddah Putri | Selasa, 27 Apr 2021 16:00 WIB
5 Menu Takjil dengan Kalori Tinggi, Awas Berat Badan Melonjak!
caption

Menahan haus dan lapar selama berpuasa sebenarnya bisa menjadi sebuah kesempatan untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, justru kebanyakan orang malah mengalami kenaikan berat badan. Pastinya hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Sebab tanpa disadari, menu-menu yang dikonsumsi saat berbuka puasa mengandung kalori yang tinggi.

Hal inilah yang mengakibatkan berat badan jadi meningkat. Berikut 5 menu buka puasa yang memiliki kalori tinggi. Jangan terlalu banyak dikonsumsi!

Segelas Sirup

Dilansir dari fatsecret, segelas sirup bisa mencapai 850 Kkal lho!
Sirup/freepik.com

Meneguk segelas sirup setelah berpuasa sehari penuh tentu sangat menyegarkan. Tapi tahukah kamu berapa jumlah kalori yang terdapat pada segelas sirup? Dilansir dari fatsecret, segelas sirup bisa mencapai 850 Kkal lho! Besar banget kan? Lebih baik, perbanyaklah mengonsumsi air putih. Sebab terlalu banyak minum sirup juga enggak baik bagi kesehatanmu.

Kolak

Kolak merupakan hidangan buka puasa yang khas di bulan Ramadan. Walaupun enak, tapi kolak pisang ternyata memiliki jumlah kalori yang tinggi. Dalam 100 gram kolak pisang saja mengandung 163 Kkal. Jadi sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang satu ini ya. Cobalah bergantian dengan menu makanan yang lebih sehat.

Fast Food

Di bulan ramadhan ini pasti ada saja ajakan untuk buka puasa bersama. Entah bersama rekan kerja, teman, maupun keluarga besar.
Fast Food/freepik.com

Di bulan Ramadan ini pasti ada saja ajakan untuk buka puasa bersama. Entah bersama rekan kerja, teman, maupun keluarga besar. Biasanya, buka puasa bersama dilakukan di restoran yang menyajikan fast food. Jadi, sudah pasti makanan yang kamu konsumsi akan berkalori tinggi. Misalnya saja kamu memakan kentang goreng. Kalorinya sudah mencapai 373 Kkal.

Gorengan

Selain kolak, gorengan merupakan menu yang paling sering dipilih untuk berbuka puasa. Tapi kalau kamu sedang diet, jangan terlalu sering mengonsumsinya ya, Beautynesian! Sebab gorengan memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Aneka gorengan seperti tahu, bakwan, risol dan lain-lain rata-rata memiliki 140 Kkal per buah. Angka ini mungkin kecil. Namun kalau kamu memakan lebih dari satu, tentu jumlahnya akan semakin meningkat.

Makanan Manis

Terakhir, makanan yang sering dijadikan menu takjil adalah makanan-makanan yang manis.
Martabak Manis/pinterest.com

Terakhir, makanan yang sering dijadikan menu takjil adalah makanan-makanan yang manis. Padahal, makanan yang serba manis mengandung gula yang tinggi lho. Misalnya saja seperti martabak manis.

Satu potong martabak manis mengandung 270 Kkal. Pastinya kamu enggak hanya cukup makan satu potong saja kan? Kalau kamu memakan 3 potong, kalorinya sudah mencapai 850 Kkal.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id