sign up SIGN UP

LIFE

Susah Konsumsi Makanan Sehat? Coba Hacks Untuk Membuat Makan Sehat Jadi Lebih Enak dan Mudah!

Astari Dewi Larasati | Rabu, 07 Oct 2020 10:00 WIB
Susah Konsumsi Makanan Sehat? Coba Hacks Untuk Membuat Makan Sehat Jadi Lebih Enak dan Mudah!
caption
Jakarta -

Kebanyakan orang sadar betul bahwa makanan sehat bisa sangat penting untuk tubuh. Namun membiasakan untuk mengonsumsi makanan sehat, sangat susah diterapkan. Memang tidak ada yang menolak makanan instan atau makanan siap saji. Selain rasanya yang lebih enak, saat memakannya pun tidak bisa satu kali saja. Sebenarnya makanan sehat bisa dibuat dengan mudah, lezat, dan bisa dilakukan. Berikut ini hack untuk membuat makan sehat jadi lebih mudah.

Buatlah makanan sehat semudah mungkin

Saat ini sudah banyak resep makanan sehat yang mudah dibuat di internet atau buku resep.
Buatlah makanan sehat semudah mungkin/freepik.com

Kebanyakan orang berpikir jika makanan sehat susah mengolahnya. Apalagi ditambah kesibukan sehari-hari, tidak ada waktu untuk menyiapkan dan memasakan makanan. Namun, saat ini sudah banyak resep makanan sehat yang mudah dibuat di internet atau buku resep. Ditambah makanan sehat kebanyakan diolah dengan direbus atau dikukus. Sehingga nutrisi dalam makanan masih bisa dipertahankan dengan baik.

Buat colorful

Cari sayuran dan buah dalam berbagai warna untuk mendapatkan variasi antioksidan yang lebih luas.
Buat colorful/Instagram.com/blueapron

Warna tanaman berasal dari antioksidan fitokimia yang ada dalam kandungannya. Jadi cari sayuran dan buah dalam berbagai warna untuk mendapatkan variasi antioksidan yang lebih luas. Gunakan tips ini sebagai pedoman praktis untuk mendapatkan sebanyak mungkin nutrisi dalam makanan. Misalnya pasta dengan tomat ceri dan kangkung, salad tambahkan alpukat dan mentimun, hingga ubi jalar dan kubis ungu.

Perhatikan cara memasak

Biasanya makanan sehat akan cepat lembek jika memasaknya terlalu awal.
Perhatikan cara memasak/Instagram.com/mindbodygreen

Biasanya makanan sehat akan cepat lembek jika memasaknya terlalu awal. Pastikan untuk menyiapkan sayuran hingga biji-bijan sebelumnya. Seperti memotong sayuran mentah (wortel, mentimum, paprika) dan panggang sayuran (ubi, jamur, terong, kembang kol). Lalu siapkan biji-bijian seperti lentil atau kacang hitam untuk ditambahkan ke dalam hidangan.

Temukan makanan sehat pengganti

Buatlah makanan sehat favorit sendiri karena mengonsumsinya akan lebih mudah.
Temukan makanan sehat pengganti/freepik.com

Tiap orang mempunyai makanan favorit, baik rasa manis, asin, gurih, hingga pedas. Namun yang paling penting dari itu semua adalah kandungan gizi dalam makanan tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membuat resep sehat sendiri dengan makanan favorit. Karena hal ini akan memudahkan untuk mengonsumsi makanan lebih sehat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id