sign up SIGN UP

LIFE

Takut Kafein di Dalam Teh? Ibu Hamil Bisa Coba Teh Rooibos

Nubira Maisty | Minggu, 06 Jun 2021 19:15 WIB
Takut Kafein di Dalam Teh? Ibu Hamil Bisa Coba Teh Rooibos
Foto: Ilustrasi Ibu Hamil/ Pexels.com

Menjaga pola makan yang sehat sangat penting untuk ibu hamil. Salah satunya kadar kafein yang dikonsumsi. Selain kopi, teh juga mengandung kafein lho. Tapi tenang, ada jenis teh bebas kafein yang aman dikonsumsi ibu hamil, yaitu teh rooibos.

Teh rooibos adalah teh herbal yang hanya mampu di produksi di Afrika Selatan. Teh ini memiliki warna merah cerah saat di seduh dan menghasilkan aroma yang sangat khas.

Fakta menarik lain soal teh rooibos ini adalah teh ini bebas kafein. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teh rooibos aman dikonsumsi oleh semua orang, mulai dari anak-anak, lansia hingga ibu hamil.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengurangi kafein
Hamil/Sumber: Pexels.com

Sebuah studi tentang penelitian internasional baru-baru ini membahas soal kafein dan kehamilan. Penelitian ini dilakukan oleh British Medical Journal dimana hasilnya adalah “kafein mengindikasi peningkatan resiko untuk setidaknya lima fase kehamilan: keguguran, lahir mati, berat badan lahir rendah dan/atau kecil untuk usia kehamilan, leukemia akut pada anak, dan kelebihan berat badan atau obesitas pada masa kanak-kanak.”

Pembahasan soal konsumsi kafein bagi para ibu hamil dan menyusui selalu menjadi topik hangat di antara para ilmuwan. Sebuah studi dari Kaiser Permanente's Northern California Division of Research menemukan fakta bahwa wanita hamil yang mengonsumsi lebih dari 200 miligram kafein setiap hari memiliki risiko keguguran dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang menghindari.

Selain kopi, teh ternyata mengandung kafein.
Teh herbal/Sumber: Pexels.com

Bahkan di beberapa negara sudah ada himbauan tertentu akan bahaya kafein bagi para ibu hamil dan menyusui karena kafein telah menjadi bagian dari lifestyle manusia di zaman sekarang. Layanan Kesehatan Nasional Inggris sangat menganjurkan batas konsumsi kafein untuk ibu hamil dan menyusui sebesar 200mg per hari atau kurang.

Untuk minuman jenis teh, terdata bahwa teh hitam, teh hijau, dan teh oolong mengandung sekitar 40 hingga 50 miligram kafein per cangkir. Sedangkan, teh rooibos sendiri mengandung 0 miligram kafein.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa teh rooibos membantu meringankan masalah pencernaan yang dapat dialami ketika sedang hamil besar seperti sembelit, muntah, dan mulas. Selain itu, teh rooibos yang dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil dapat mengurangi depresi dan peningkatan tekanan darah, kadar gula darah yang tidak stabil, masalah kulit serta menjaga fungsi hati.

Gimana, kamu yang sedang hamil atau menyusui sangat aman minum teh rooibos. Untuk tahu lebih lengkap manfaatnya, kamu bisa klik di sini ya.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id