sign up SIGN UP

LIFE

5 Manfaat Minum Teh Rooibos untuk Kesehatan

Lulu Lukyani | Minggu, 04 Apr 2021 09:00 WIB
5 Manfaat Minum Teh Rooibos untuk Kesehatan
caption
Jakarta -

Teh rooibos kini tak hanya dikonsumsi di Afrika Selatan. Teh dengan aroma yang khas ini telah menjadi minuman favorit di berbagai negara karena rasanya yang nikmat dan khasiatnya yang melimpah. Teh rooibos yang juga dikenal dengan teh merah merupakan minuman yang dibuat dari daun semak aspalathus linearis dan banyak tumbuh di wilayah Afrika Selatan.

Dibuat secara tradisional, teh rooibos dihasilkan dari fermentasi daun yang mengubah warnanya menjadi merah kecokelatan. Selain itu, ada juga teh rooibos hijau yang tidak diproses secara fermentasi. Teh rooibos hijau dijual dengan harga yang lebih mahal dan lebih kaya antioksidan.

Banyaknya kandungan antioksidan dalam teh rooibos membuat minuman ini memberikan sejumlah manfaat. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 manfaat minum teh rooibos:

1. Bebas kafein

Daun teh rooibos.
Daun teh rooibos/Pixabay

Teh rooibos secara alami bebas kafein sehingga bisa dijadikan minuman alternatif di samping teh hitam dan teh hijau. Konsumsi kafein dalam jumlah sedang umumnya tidak memberikan efek negatif. Namun, konsumsi kafein yang berlebihan dikaitkan dengan sulit tidur, sakit kepala, dan jantung berdebar.

Selain itu, kadar tanin dalam teh rooibos juga terbilang rendah, jika dibandingkan dengan teh hitam maupun teh hijau. FYI, tanin merupakan senyawa alami yang ada di dalam teh hitam dan teh hijau yang bisa mengganggu penyerapan nutrisi tertentu.

2. Kaya antioksidan

Ilustrasi minum teh.
Ilustrasi minum teh/Freepik

Ada sejumlah bukti yang menyebutkan bahwa teh rooibos dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Dalam sebuah studi yang melibatkan 15 orang, kadar antioksidan mereka meningkat 2,9 persen ketika mengonsumsi teh rooibos merah dan meningkat 6,6 persen ketika minum teh rooibos hijau.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi minum teh.
Ilustrasi minum teh/Freepik

Antioksidan yang terkandung dalam teh rooibos dikaitkan dengan kesehatan jantung. Minum teh rooibos diyakini mampuu menurunkan tekanan darah dengan menghambat angiotensin-converting enzyme (ACE).

Dalam sebuah studi yang melibatkan 17 orang, minum teh rooibos mampu menghambat aktivitas ACE selama 30-60 menit setelah konsumsi.

4. Mengurangi risiko kanker

Ilustrasi minum teh.
Ilustrasi minum teh/Freepik

Studi tabung reaksi mencatat bahwa antioksidan quercetin dan luteolin dalam teh rooibos mampu membunuh sel kanker dan mencegah pertumbuhan tumor.

Namun, jumlah antioksidan tersebut dalam secangkir teh rooibos sangat kecil. Oleh sebab itu, belum diketahui, apakah teh rooibos menyimpan kadar quercetin dan luteolin yang mencukupi atau tidak.

5. Bermanfaat untuk diabetes tipe 2

Ilustrasi minum teh.
Ilustrasi minum teh/Freepik

Teh rooibos merupakan satu-satunya sumber alami aspalathin antioksidan yang diyakini memiliki efek anti-diabetes.

Sebuah studi pada tikus dengan diabetes tipe 2 menemukan, aspalathin mampu menyeimbangkan kadar gula darah dan menurunkan resistensi insulin.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id