sign up SIGN UP

LIFE

Tangan Sering Kesemutan? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

Anisalestari | Sabtu, 23 Nov 2019 10:00 WIB
Tangan Sering Kesemutan? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!
caption
Banyak orang yang menganggap sepele saat tangan kesemutan. Padahal kondisi tersebut bisa jadi menandakan kondisi kesehatan tertentu pada tubuh, lho. Cara tahu penyebab tangan sering kesemutan di artikel ini, yuk!

Kurangnya asupan vitamin


Image Source: https://www.thebetterindia.com/

Kurangnya asupan vitamin ke dalam tubuh menjadi salah satu penyebab tangan kesemutan, Ladies. Terutama asupan vitamin B, sebab vitamin ini berperan penting untuk menjaga sistem saraf yang ada di dalam tubuh. Selain dapat menyebabkan tangan kesemutan, kekurangan vitamin B, khususnya vitamin B12, juga dapat membuat kamu menjadi lesu, lelah, dan anemia.


Carpal Tunnel Syndrome (CTS)


Image Source: https://asianparent-assets-id.dexecure.net/

Penyebab tangan kesemutan lainnya ialah carpal tunnel syndrome atau disebut juga dengan sindrom terowongan karpal. Sindrom ini merupakan salah satu jenis kerusakan saraf yang disebabkan oleh terjepitnya saraf pada pergelangan tangan. Selain tangan kesemutan, tanda lain CTS adalah pergelangan tangan sakit, lemah atau tidak ada kekuatan saat menggenggam barang, atau gangguan koordinasi tangan.

CTS bisa diakibatkan karena  terlalu lama menggunakan tangan dalam posisi yang sama. Orang yang berisiko tinggi mengalami kondisi ini ialah mereka yang sering bekerja dengan menggunakan tangan seperti mengepak barang, menulis dan mengetik.


Diabetes


Image Source: https://www.eatright.org/

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang menjadi penyebab tangan kesemutan. Hal ini disebabkan oleh kadar gula yang tinggi dan menjadi racun bagi saraf sehingga membuat tangan maupun kaki sering merasa kesemutan.



(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id