sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Dijamin Akurat, Begini Cara Pakai Test Pack yang Benar

Ayuliy Lestari | Jumat, 30 Apr 2021 21:15 WIB
Dijamin Akurat, Begini Cara Pakai Test Pack yang Benar
caption

Kehamilan memang merupakan momen membahagiakan dan paling ditunggu oleh setiap wanita, apalagi jika kamu sudah lama menanti kehadiran sang buah hati. Biasanya, ketika tanda-tanda awal kehamilan muncul, banyak yang memilih menggunakan test pack terlebih dahulu sebelum memeriksakan kehamilannya ke dokter.

Test pack merupakan salah satu dari sekian banyak alat tes kehamilan yang paling praktis dan cepat, Ladies. Alat ini merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mendeteksi kehamilan dengan mudah.

Cara kerjanya dengan mengandalkan keberadaan human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini umumnya akan terdapat pada urine wanita saat hamil. Saat sel telur dibuahi, tubuh mulai memproduksi hCG. Selama awal kehamilan, kadar hCG berlipat ganda setiap dua hingga tiga hari dan mencapai puncaknya pada akhir trimester pertama.

Nah, agar pemakaian test pack menunjukkan hasil yang akurat, kamu perlu tahu cara penggunaan yang tepat. Berikut cara menggunakan alat test kehamilan atau test pack dengan benar, Ladies.

1. Pastikan Siklus Menstruasi

Cara pakai test pack
Cara pakai test pack/freepik.com

Tak sedikit wanita yang mendapati hasil negatif, padahal sedang mengandung. Hal ini bisa jadi karena kamu tidak mengetahui siklus menstruasi atau haid kamu sendiri. Menurut Robin Elise Weiss, seorang doula sekaligus pendiri Childbirth.org, penyebab lain dari hal tersebut adalah tubuh yang mungkin belum menghasilkan hormon hCG untuk dideteksi dengan alat tes kehamilan.

Jadi, pastikan terlebih dahulu siklus menstruasi kamu, Ladies. Ada baiknya menunggu sampai melewatkan jadwal menstruasi atau telat haid. Setelah itu, barulah melakukan tes kehamilan menggunakan test pack.

2. Periksa Tanggal Kedaluwarsa

Cara pakai test pack
Cara pakai test pack/freepik.com

Supaya hasil test pack yang didapatkan optimal, sebaiknya pastikan menggunakan alat yang berkualitas. Pastikan juga kondisinya masih baru, utuh dan cek juga tanggal kedaluwarsanya, Ladies.

Ketika kamu menggunakan test pack yang sudah kedaluwarsa untuk tes kehamilan, maka bahan kimia yang ada untuk mendeteksi kadar hCG pada urine mulai kehilangan sensitivitasnya. Sehingga, hasil yang ditunjukkan pun bisa jadi tidak akurat.

3. Baca Petunjuk Pemakaian

Cara pakai test pack
Cara pakai test pack/freepik.com

Bacalah semua petunjuk pemakaian dengan cermat pula, karena setiap merek alat tes kehamilan mungkin memiliki petunjuk pemakaian yang berbeda-beda. Biasanya, alat tes kehamilan menyatakan kerangka waktu tertentu yang harus dibaca, sehingga pedoman tersebut harus dipatuhi, Ladies.

Jika kamu justru membaca tes kehamilan setelah waktu yang ditentukan, mungkin mendapatkan hasil positif palsu. Namun hal Ini biasanya tidak akan bermasalah jika menggunakan alat tes digital.

Untuk lebih lengkapnya, KLIK DI SINI ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id