sign up SIGN UP

LIFE

Ketahui 7 Efek Samping dari Konsumsi Pil KB untuk Kesehatan

Intan Dwi | Sabtu, 01 May 2021 22:00 WIB
Ketahui 7 Efek Samping dari Konsumsi Pil KB untuk Kesehatan
caption

Pil KB adalah sejenis alat kontrasepsi, ini bekerja dengan mencegah tubuh memproduksi sel telur yang berarti tidak ada yang bisa dibuahi sperma dan kehamilan tidak bisa terjadi. Selain itu, pil KB juga dapat membantu mengatasi menstruasi yang tidak teratur, menyakitkan dan jerawat.

Pil ini pun memiliki efek samping spesifik yang bervariasi dan berbeda bagi setiap orang, tetapi beberapa efek samping yang umum ada mual, nyeri payudara dan sakit kepala. Nah, berikut ini adalah efek samping yang disebabkan pil KB untuk kesehatan.

Vagina kering

Beberapa pil yang mengandung estrogen dapat menyebabkan orang memiliki jumlah estrogen yang lebih rendah beredar di tubuh mereka yang kemudian dapat menyebabkan kekeringan.
Vagina kering/freepik.com

Beberapa pil yang mengandung estrogen dapat menyebabkan orang memiliki jumlah estrogen yang lebih rendah beredar di tubuh mereka yang kemudian dapat menyebabkan kekeringan. Pil KB tidak menyebabkan wanita memproduksi estrogen, pil itu sebenarnya mengambil alih dan menyebabkan satu jumlah hormon yang stabil daripada tingkat estrogen yang berfluktuasi.

Jadi, biasanya kalau kamu mengalami kekeringan pada vagina itu karena kamu menggunakan pil dengan dosis estrogen yang lebih rendah.

Kembung

Naik turunnya hormon seks tubuh kamu akibat konsumsi pil KB dapat menyebabkan retensi air dan kembung.
Kembung/freepik.com

Naik turunnya hormon seks tubuh kamu akibat konsumsi pil KB dapat menyebabkan retensi air dan kembung. Efek ini mungkin sangat kuat untuk orang yang menderita sindrom iritasi usus besar dan gangguan saluran pencernaan lainnya.

Mual

Beberapa orang merasa mual saat mulai minum pil, meskipun harusnya tidak bertahan lebih dari tiga bulan setelah tubuh menyesuaikan diri.
Mual/freepik.com

Beberapa orang merasa mual saat mulai minum pil, meskipun harusnya tidak bertahan lebih dari tiga bulan setelah tubuh menyesuaikan diri. Menurut Planned Parenthood Federation of America, meminumnya dengan makan dapat membantu mengurangi rasa mual saat tubuh menyesuaikan diri dengan tingkat estrogen dan progesteron yang baru. Tetapi tips lainnya, kamu bisa konsumsi pil sebelum tidur untuk membantu mengurangi gejala mual.

Sakit kepala

Menurut sebuah studi tahun 2005 dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology, menemukan bahwa sekitar 10% pengguna merasa pusing dalam waktu satu bulan setelah konsumsi pil.
Sakit kepala/freepik.com

Menurut sebuah studi tahun 2005 dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology, menemukan bahwa sekitar 10% pengguna merasa pusing dalam waktu satu bulan setelah konsumsi pil. Tetapi setelah tubuh menyesuaikan diri dengan pil yang baru, sebagian besar melaporkan sakit kepala akan hilang.

Namun, beberapa orang yang sensitif terhadap jumlah estrogen yang ada dalam pil mungkin akan merasakan sakit kepala menjelang awal pemakaian.

Payudara terasa nyeri

Meminum pil KB sering kali menyebabkan payudara terasa sakit, terutama bagia mereka yang baru memulainya.
Payudara terasa nyeri/freepik.com

Meminum pil KB sering kali menyebabkan payudara terasa sakit, terutama bagi mereka yang baru memulainya. Seiring dengan meningkatnya sensitivitas payudara, hormon dalam pil dapat membuat payudara membesar. Dengan mengenakan bra yang mendukung dapat membantu mengurangi nyeri payudara.

Menambah berat badan

Beberapa produk Pil KB sering mencantumkan penambahan berat badan sebagai kemungkinan efek samping,
Menambah berat badan/freepik.com

Beberapa produk Pil KB sering mencantumkan penambahan berat badan sebagai kemungkinan efek samping, meskipun penelitian belum mengkonfirmasi hal ini. Secara teori, pil KB dapat menyebabkan peningkatan retensi cairan atau berat air.

Mereka juga bisa menyebabkan peningkatan lemak atau massa otot, tetapi beberapa orang malah melaporkan penurunan berat badan saat mengonsumsinya. Dilansir Medical News Today, belum ada penelitian yang cukup untuk memastikan apakah hormon dalam pil KB menyebabkan kenaikan atau penurunan.

Perubahan mood

Perubahan kadar hormon yang disebabkan oleh konsumsi pil, dapat memengaruhi suasana hati seseorang.
Perubahan mood/freepik.com

Seperti yang kita tahu, hormon memainkan peran penting dalam suasana hati dan emosi seseorang. Perubahan kadar hormon yang disebabkan oleh konsumsi pil, dapat memengaruhi suasana hati seseorang.

Dilansir Medical News Today, sebuah studi tahun 2016 dari 1 juta wanita di Denmark, menunjukkan adanya hubungan antara kontrasepsi hormonal dan depresi.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id