sign up SIGN UP

LIFE

Tetap Sehat Saat Diet dengan 8 Makanan Pengganti Nasi Ini

Fauziana Hilda | Sabtu, 25 Jul 2020 14:30 WIB
Tetap Sehat Saat Diet dengan 8 Makanan Pengganti Nasi Ini
caption

Nasi merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat untuk dikonsumsi sehari-hari. Karbohidrat pada nasi sangat bermanfaat untuk memberikan energi bagi tubuh.

Namun saat sedang diet, nasi bisa menjadi pantangan. Orang yang sedang diet akan mengurangi jumlah kalori dan karbohidrat berlebih dalam tubuh. 

Untuk kamu yang sedang diet, ada beberapa rekomendasi makanan pengganti nasi yang bisa kamu konsumsi. Yuk, simak!


Quinoa

Quinoa Makanan Diet Pengganti Nasi
Quinoa/ Foto: Freepik.com

Ouinoa merupakan biji-bijian yang bisa dipilih sebagai makanan sehat pengganti nasi. Kandungan protein yang lebih tinggi dan bebas gluten dalam quinoa membuatnya cocok dikonsumsi saat diet. Setengah cangkir atau 92 gram quinoa masak mengandung empat gram protein.

Quinoa memiliki jumlah protein dua kali lipat yang sama dengan nasi putih. Selain itu, adanya kandungan mineral magnesium dan tembaga yang baik pada quinoa juga sangat baik untuk kesehatan. 

Brokoli

Sayuran Brokoli Pengganti Nasi
Sayuran Brokoli/ Foto: Freepik.com

Brokoli juga bisa menjadi pilihan makanan diet pengganti nasi. Bagi kamu yang sedang menjalani diet, bisa memakan brokoli dengan cara direbus, nih.

Sayuran ini mengandung nutrisi dan 15 kkal kalori. Selain kaya akan serat sebanyak dua gram, brokoli juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Shirataki

Ilustrasi Makanan Shirataki
Shirataki/ Foto: Freepik.com

Makanan sehat pengganti nasi selanjutnya adalah Shirataki. Ini merupakan makanan yang sangat terkenal dikonsumsi pelaku diet rendah karbohidrat dan rendah kalori.

Shirataki memiliki kandungan serat glukomanan. Menurut para ahli, serat glukomanan kaya akan manfaat yang baik untuk melindungi dinding usus. 

Timun Zucchini

Ilustrasi Timun Zucchini
Timun Zucchini/ Foto: Freepik.com

Timun Zucchini juga bisa menjadi alternatif makanan pengganti nasi. Kandungan air yang melimpah dalam timun zucchini dapat dikonsumsi saat diet.

Timun zucchini juga memiliki asupan karbohidrat yang rendah. Memakan sayuran ini dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Kol

Ilustrasi Sayuran Kol Makanan Pengganti Nasi
Sayuran Kol/ Foto: Freepik.com

Kol juga dapat digunakan menjadi makanan sehat pengganti nasi untuk diet. Kol memiliki kandungan kalori rendah dan karbohidrat yang rendah.

Kamu juga bisa mencampurkan kol dengan bermacam masakan. Selain itu, adanya kandungan vitamin C dan K sangat baik tubuh. Vitamin K dalam kol dapat membantu mengatur pembekuan darah, melancarkan darah dan menjaga kesehatan tulang. 

Kentang

Ilustrasi Kentang Segar
Kentang / Foto: Freepik.com

Kentang juga merupakan makanan pengganti nasi yang murah dan kaya akan nutrisi. Selain nutrisi, kentang juga mengandung antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik yang baik untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung, diabetes dan kanker. 

Makanan yang satu ini juga dapat mengontrol gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Kentang juga menjadi makanan yang bebas gluten, mengenyangkan dan bergizi. Jadi aman banget buat diet kamu, nih.

Oatmeal

Oatmeal Makanan Pengganti Nasi
Oatmeal/ Foto: Freepik.com

Oatmeal bisa menjadi pilihan karbohidrat pengganti nasi. Makanan berbahan dasar gandum ini juga tinggi akan serat dan cocok untuk dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet.

Kadar serat dalam oatmeal sangat baik untuk menjaga pencernaan. Mengonsumsi oatmeal juga dapat mencegah timbulnya penyebab kegemukan dan membuat tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang cukup.

Ubi

Ubi Makanan Pengganti nasi
Ubi/ Foto: Freepik.com

Terakhir ada ubi yang memiliki banyak vitamin dan serat. Ubi mengandung magnesium dan mangan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan tulang.

Karotenoid dan antioksidan dalam ubi juga mampu mencegah penuaan dan kanker. Kamu bisa menjadikan ubi sebagai makanan pengganti nasi karena rendah gula.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id