sign up SIGN UP

LIFE

Hati-Hati, Konsumsi 5 Sayuran Ini Malah Bikin Berat Badan Kamu Naik!

Intan Dwi | Rabu, 24 Jun 2020 08:55 WIB
Hati-Hati, Konsumsi 5 Sayuran Ini Malah Bikin Berat Badan Kamu Naik!
caption

Selain itu sayur-sayuran ini memang identik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Jadi cocok untuk kamu yang sedang diet, yang sedang berusaha keras menghindari junk food. Tapi ternyata ada beberapa sayuran yang malah bikin kamu gemuk jika kamu terlalu sering mengkonsumsinya.

Berikut ini beberapa sayuran yang ternyata malah bikin berat badan naik:

Kentang

Kentang salah satu penyebab tubuh semakin gemuk karena mengandung pati yang tinggi dan kadar air yang rendah.
Kentang/freepik.com

Sayuran ini dapat bertarnsformasi menjadi beragam sajian yang enak, seperti kentang goreng, kripik, sup, kentang panggang, dan lainnya. Tapi dibalik itu semua, menurut para peneliti dari Harvard of Public Health, kentang salah satu penyebab tubuh semakin gemuk karena mengandung pati yang tinggi dan kadar air yang rendah.  Selain itu, jika kamu makan kentang secara berlebihan akan meningkatkan kadar kolesterol.


Jagung

Rasa manis dari jagung berasal dari kandungan gula di dalamnya yang bisa menaikkan berat badan.
Jagung/freepik.com

Jagung salah satu sayuran yang menjadi sumber kalori. Sama seperti kentang, jagung juga kerap menjadi makanan pokok pengganti nasi. Menurut Kyrin Dunston, MD, penulis ‘Cracking the Bikini Code: 6 Secrets to Permanent Weight Loss Success’, memakan jagung memang menyenangkan. Karena manis itu berarti jagung mengandung gula.  Pokoknya bagi kamu yang ingin berdiet, hindari sayuran jagung ini karena memiliki kandungan fruktosa.

Kubis

Sayuran ini tergolong bergas dan juga mengandung senyawa yang menghalangi penyerapan yodium yang justru akan menyulitkan untuk kamu yang sedang diet.
Kubis/freepik.com

Kubis memang kaya akan serat dan bermanfaat bagi tubuh, kandungan di dalamnya pun juga bisa mengatasi diabetes hingga menyembuhkan stroke. Namun sayuran ini tergolong bergas dan juga mengandung senyawa yang menghalangi penyerapan yodium. Hal ini justru akan menyulitkan bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan.

Ubi Jalar

Kandungan kalori dan karbohidrat dalam ubi jalar sangat tinggi.
Ubi Jalar/freepik.com

Sebaiknya kamu perlu berfikir kembali, jika ingin mengganti kentang dengan ubi jalar. Karena, kandungan kalori dan karbohidrat dalam sayuran ini sangat tinggi. Jika kamu mengkonsumsi ubi jalar dalam jumlah banyak, tapi tanpa membakar kalori maka berat badan kamu akan naik.

Kacang Polong

Kacang polong mengandung zat aditif dan natrium yang menghambat penurunan berat badan.
Kacang Polong/freepik.com

Kacang polong mengandung zat aditif dan natrium yang menghambat penurunan berat badan dan membahayakan kesehatan. Maka dari itu bagi kamu yang sedang berdiet, memakan kacang polong secara berlebihan akan menggagalkan program diet kamu. Selain itu, kacang polong juga memiliki kandungan senyawa oligosakarida, yang merupakan molekul gula yang susah untuk dicerna.

Hayoo, masih mau mengkonsumsi sayuran-sayuran di atas buat kamu yang sedang menjalani program diet? Lebih baik hindari ya, dari pada program diet kamu gagal!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id