sign up SIGN UP

LIFE

Enggak Perlu Takut Kekurangan Gizi! 5 Sumber Protein Non Hewani Ini Bisa Jadi Opsi Menu Vegan

Rumaysha Milhania | Senin, 25 May 2020 07:00 WIB
Enggak Perlu Takut Kekurangan Gizi! 5 Sumber Protein Non Hewani Ini Bisa Jadi Opsi Menu Vegan
caption
Ingin coba diet vegan, tapi takut kekurangan asupan protein? Jangan khawatir! Yuk, coba 5 sumber protein non hewani yang bisa jadi alternatif pengganti daging dan telur berikut ini!

Vegan merupakan praktik pola makan yang pantang untuk mengonsumsi makanan dari produk hewani. Belakangan ini, mulai banyak orang yang mencoba pola makan ini dengan berbagai alasan, seperti kesehatan, lingkungan, dan lain sebagainya. Bagi mereka yang belum familiar dengan pola makan vegan, ini mungkin akan sedikit membingungkan. Bagaimana mungkin seseorang bisa menghindari makanan hewani, apalagi mengingat banyak dari makanan ini merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Padahal, ternyata masih banyak lho opsi makanan tinggi protein untuk menu vegan yang enak dan bergizi. Yuk, intip ulasannya berikut ini!

1. Tahu, Tempe dan Edamame


Foto: https://www.pcrm.org/


Melansir dari Medical News Today, produk kedelai merupakan salah satu sumber protein terkaya dalam diet nabati. Tahu mengandung sekitar 10 gram protein per ½ gelas, edamame mengandung 8,5 gram protein per ½ gelas, dan tempe mengandung sekitar 15 gram protein per ½ gelas. Olahan-olahan ini bisa kamu sajikan dengan beragam resep dan variasi menu. Bahkan, inovasi membuat burger tempe juga bisa menjadi opsi yang menarik dicoba.
 



2. Lentil
 



Foto: https://cookieandkate.com/


Selanjutnya, lentil juga bisa menjadi pilihan asupan protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizimu. Lentil merah atau hijau memiliki kandungan protein, serat, dan beragam nutrisi penting, seperti zat besi dan kalium. Lentil yang dimasak mengandung 8,84 gram protein per ½ gelas. Kamu dapat mengolahnya ke dalam olahan ke semur, kari, salad, atau campuran nasi untuk menambah asupan protein tambahan.
 



3. Kacang Tanah
 


Foto: https://www.goodhousekeeping.com/


Kacang juga merupakan sumber makanan nabati yang kaya akan protein, penuh lemak sehat, dan berkhasiat baik untuk kesehatan jantung. Kacang tanah sendiri mengandung sekitar 20,5 gram protein per ½ gelas. Kamu juga bisa mengonsumsi selai kacang yang kaya protein dengan kandungan 8 gram protain per sendok makan. Ini sangat pas untuk diolah menjadi sandwich selai kacang yang tinggi protein dan menyehatkan.
 



3. Quinoa
 


Foto: https://www.jessicagavin.com/


Quinoa merupakan biji-bijian dengan kandungan protein tinggi dan lengkap. Nah, quinoa matang mengandung 8 gram protein per cangkirnya. Selain itu, biji-bijian ini juga kaya akan berbagai nutrisi lain, seperti magnesium, zat besi, serat, dan mangan. Kamu dapat mengolahnya sebagai campuran pasta dan sup, atau juga ditaburkan pada salad.
 



5. Chia Seed
 


Foto: https://www.schnitzer.eu/


Chia seed adalah sumber makanan rendah kalori yang kaya serat dan asam lemak Omega-3. Selain itu, chia seed juga mengandung 2 gram protein per satu sendok makan. Kamu bisa menambahkan chia seed pada campuran smoothie, yogurt, atau puding chia. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi kebutuhan proteinmu di saat menyantap camilan sekali pun.


(arm2/arm2)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id