sign up SIGN UP

LIFE

Tim Kopi dan Tim Teh Wajib Tahu, Perbandingan Minuman Enak Ini pada Tubuh!

Penny Fatikasari | Senin, 22 Jun 2020 16:00 WIB
Tim Kopi dan Tim Teh Wajib Tahu, Perbandingan Minuman Enak Ini pada Tubuh!
caption
Jakarta -

Minuman favorit banyak orang ini selain membuat seseorang menjadi rileksĀ  juga dapat memberikan efek samping bagi kesehatan pada tubuhmu, lho! Teh dan kopi jelas memiliki perbedaan masing-masing, bagi penikmat kopi dan teh harus paham khasiat yang terkandung dalam masing-masing minuman ini. Terkadang mengkonsumsi kopi terus-menerus juga enggak baik bagi kesehatan tubuh, begitu pula halnya dengan teh. Maka dari itu, untuk mengetahui perbedaan dua jenis minuman ini yuk simak ulasannya berikut ini!

Kafein pada Kopi Lebih Tinggi dari Teh

Kafein pada kopi lebih tinggi daripada teh
Kafein Kopi Lebih Tinggi/Freepik.com

Yup! Senyawa kafein yang terkandung pada kopi lebih tinggi dibandingkan dengan teh yang kaya akan zat antioksidan. Seperti yang diketahui, antioksidan pada teh juga sangat baik bagi tubuh serta dapat membuat kulit terhidrasi dengan baik sekaligus terjaga akan kelembapannya. Bagi kamu pecinta kopi, kafein ini dapat membuatmu terjaga jika ingin begadang semalaman. Jadi kamu pun akan terbebas dari rasa kantuk dan membuatmu melek semalaman.


Meredakan Nyeri

Membantu meredakan nyeri
Meredakan Nyeri/Freepik.com

Teh juga memiliki kandungan zat yang dapat membantu meredakan nyeri akibat gangguan inflamasi dan arthritis. Sedangkan kopi juga dapat membantu mengurangi gejala asma. Namun jika dirimu terlalu banyak mengkonsumsi kopi, maka tubuhmu akan lebih banyak menyerap magnesium dan berujung pada nyeri otot dan sakit kepala.

Meningkatkan Mood

Membantu meningkatan mood
Meningkatkan Mood/Freepik.com

Sudah tidak asing bagi para penikmat teh dan kopi jika dua minuman ini dapat membuat seseorang menjadi lebih mood dan bergairah. Menurut studi, dengan rutin meminum kopi dapat meningkatkan mood serta mengurangi resiko depresi. Begitu halnya dengan teh, minuman ini dapat membuat seseorang menjadi lebih rileks dan tenang dalam menjalani hari-hari.

Mencegah Kanker dan Melawan Radikal Bebas

Mencegah kanker dan melawan radikal bebas
Mencegah Kanker dan Radikal Bebas/Freepik.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika teh memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan pada teh juga dapat membantu melawan radikal bebas serta dapat mencegah kanker. Sedangkan kandungan pada kopi yakni cafestol dan kahweol yang belum difilter dapat berpengaruh buruk bagi kolesterol. Tak hanya itu kopi juga sangat tidak disarankan bagi seseorang yang memiliki penyakit asam lambung atau maag.

Mencegah Diabetes

Membantu mencegah diabetes
Mencegah Diabetes/Freepik.com

Kabar baik bagi pecinta kopi jika seseorang yang rutin mengkonsumsi kopi sebanyak tiga hingga lima cangkir dalam sehari juga dapat terhindar dari penyakit tertentu seperti diabetes tipe 2 yang enggak ditemukan dalam teh.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id