sign up SIGN UP

Tips Makan Sahur Anti Kembung

Liana Dewi | Kamis, 15 Apr 2021 18:30 WIB
Tips Makan Sahur Anti Kembung
caption
Jakarta -

Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi saat berpuasa adalah perut kembung. Rasanya tidak nyaman saat perut kembung dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Padahal di waktu yang sama tidak diperbolehkan meminum obat karena memang sedang berpuasa. 

Oleh karena itu, sahur memiliki peran penting untuk mencegah kembung saat berpuasa. Ketika sahur dianjurkan memakan makanan bernutrisi supaya kesehatan pencernaan tetap terjaga. Selain itu, sahur juga merupakan sumber energi untuk beraktivitas selama sehari penuh puasa.

Dalam artikel ini, Beautynesia akan memberikan beberapa tips sahur supaya perutmu bebas dari kembung saat puasa. Apa saja tipsnya? Simak ulasan berikut, ya!

Minum Air Putih yang Cukup

Minum Air Putih
Minum Air Putih/freepik.com

Selain untuk mencegah dehidrasi, asupan air putih juga berpengaruh terhadap kondisi perut kembung. Dengan minum air putih yang cukup, keseimbangan natrium dalam tubuhmu akan tetap terjaga sehingga bisa terhindar dari kembung.

Minumlah air putih setidaknya 2 gelas saat sahur. Kecukupan air putih juga membantu menghindarkanmu dari bau mulut, lho.

Hindari Minuman Penyebab Kembung 

Katakan tidak pada minum soda saat sahur! Soda mengandung banyak gas dan bisa menyebabkan perut kembung setelahnya. Selain itu, minuman berkafein seperti teh dan kopi juga patut untuk dihindari. Karena minuman berkafein dapat meningkatkan asam lambung yang membuat perutmu terasa penuh dan mual. 

Hindari Makanan Siap Saji

Makanan Siap Saji Tidak Cocok untuk Sahur
Makanan Siap Saji Tidak Cocok untuk Sahur/freepik.com

Makanan siap memang nikmat disantap kapan saja. Cara membuatnya mudah dan rasanya juga enak sehingga disukai oleh seluruh anggota keluarga. Namun sayangnya, makanan siap saji tidak disarankan sebagai menu sahur.

Nutrisi dalam makanan siap saji tidak seimbang dan mengandung tinggi lemak dan garam. Kandungan garam yang tinggi dalam perut dapat memicu kembung. Makanan tinggi lemak juga lebih sulit dicerna dan menyebabkan asam lambung naik.

Kurangi Makanan yang Mengandung Banyak Gas

Meski beberapa makanan yang akan disebutkan ini memiliki banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, namun sebaiknya konsumsinya dikurangi jika kamu sering merasa kembung saat berpuasa.

Beberapa buah yang dapat membuat kembung seperti nangka, apel, pir, dan nanas ternyata bisa memicu kembung. Sedangkan jenis sayuran yang sebaiknya dikurangi adalah kol, brokoli, jagung, dan bawang bombay.

Kurangi Makanan Pedas

Kurangi Makanan Pedas
Kurangi Makanan Pedas/freepik.com

Penyuka makanan pedas mungkin akan kecewa dengan poin satu ini. Makanan pedas memang bisa membangkitkan selera makan.

Namun disisi lain, makanan pedas juga mampu meningkatkan produksi asam lambung di perut yang dapat membuat perut kembung. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengurangi atau menghindari makanan pedas saat sahur, terutama bagi kamu penderita maag atau GERD.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id