sign up SIGN UP

LIFE

Yoga atau Pilates, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Sulistiowati | Senin, 25 Nov 2019 11:30 WIB
Yoga atau Pilates, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Tubuh?
caption
Banyak orang yang tidak tahu perbedaan antara yoga dan pilates. Tidak sedikit pula yang berpikir kedua jenis olahraga ini memiliki manfaat yang sama. Padahal, yoga dan pilates jelas jauh berbeda.

Dilihat dari gerakannya, pilates dan yoga sekilas tampak sama. Orang awam pasti bingung mencari perbedaan kedua jenis olahraga ini. Sebenarnya, manfaat yoga dan pilates sangat berbeda. Ladies juga belum tahu, cari tahu yuk perbedaan yoga dan pilates.


Sejarah Yoga dan Pilates


Yoga merupakan tradisi India yang sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Tujuan melakukan yoga untuk meditasi yang mana dituntut memusatkan seluruh pikiran agar dapat mengontrol panca indera dan tubuh secara keseluruhan. Artinya, yoga menghubungkan postur dan napas dengan cara meditasi. Manfaat yoga di antaranya fisik dan mental yang semakin sehat, kemampuan mengontrol emosi, serta nilai spiritual.


Foto: Istimewa

Sementara, pilates ditemukan oleh Joseph Pilates pada tahun 1925. Aktivitas ini akhirnya diberi nama sesuai dengan nama penemunya. Tujuan dan manfaat pilates yaitu menguatkan otot, memperbaiki postur tubuh terutama tulang belakang, serta memperbaiki keseimbangan tubuh.



Komponen yang Digunakan untuk Yoga dan Pilates


Perbedaan dari yoga dan pilates terlihat dari komponen spiritualnya. Yoga merupakan aktivitas meditasi untuk menenangkan pikiran. Sehingga stres dapat berkurang dengan teknik pernapasan tertentu. Sedangkan pilates berfokus pada kegiatan fisik saja. Jenis olahraga ini juga dianjurkan untuk atlet yang mengalami cidera. Gerakan-gerakan pada pilates dapat memulihkan seseorang dari cidera. Dengan kata lain, manfaat pilates yaitu mengembalikan kondisi seseorang dari cidera.


Foto: Istimewa

Kontrol Napas Yoga dan Pilates


Baik yoga maupun pilates membutuhkan kontrol napas yang baik. Hampir semua gerakan pada yoga, entah inhalation atau exhalation pengaturan napas perut dilakukan melalui hidung. Di dalam yoga, pengontrol napas menjadi dasar dari setiap gerakan.


Foto: Istimewa

Berbeda dengan pengaturan napas pada pilates. Umumnya, inhalation pada pilates kontrol napas dilakukan melaui hidung dan exhalation dilakukan melalui mulut. Dari kontrol napas, Ladies tahu ya bedanya yoga dan pilates.


Manfaat Yoga dan Pilates


Pasalnya semua gerakan yoga membuat tubuh dan pikiran seseorang menjadi lebih rileks. Melakukan gerakan yoga secara rutin dapat membuat jiwa dan raga semakin sehat. Selain itu, beberapa manfaat yoga antara lain mengurangi stress, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Foto: Istimewa

Pilates sangat cocok untuk Ladies yang tidak suka dengan olahraga berat. Fokus latihan ini adalah keseimbangan, fleksibilitas, dan penguatan postur tubuh. Ketiganya didapat secara bersamaan hanya dengan gerakan-gerakan pilates yang ringan. Manfaat pilates antara lain memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kelenturan tubuh, meningkatkan keseimbangan tubuh.


Sudah jelas ya Ladies, bedanya yoga dan pilates. Jika membutuhkan ketenangan pikiran, yoga adalah pilihan yang tepat. Tapi, kalau ingin melatih kekuatan fisik pilih olahraga pilates.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id