sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Bantuan yang Bisa Diberikan Saat Teman Isolasi Mandiri Covid-19

Dian Aprilia | Senin, 19 Jul 2021 08:00 WIB
5 Bantuan yang Bisa Diberikan Saat Teman Isolasi Mandiri Covid-19
Isolasi mandiri/ foto: pexels.com/Tima Miroshnichenko

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak kabar yang berdatangan dari para teman, sahabat, saudara atau teman kerja yang mengidap Covid-19 . Hal tersebut membuat mereka harus menjalani isolasi mandiri atau isoman. Tak sedikit pula yang harus pergi ke rumah sakit karena perlu penanganan yang intensif.

Di saat seperti itu, bantuan orang-orang terdekat bisa menjadi hal yang penting dan bermakna bagi mereka. Berikut beautynesia.id telah merangkum bantuan yang bisa diberikan saat teman sedang isolasi mandiri karena Covid-19.

Tanya Kabar

Isolasi mandiri
Isolasi mandiri/pexels.com/Anthony Shkraba

Salah satu hal yang dibutuhkan oleh teman yang sedang isolasi mandiri di rumah adalah perhatian dari orang terdekat. Jangan lupa untuk saling bertanya kabar secara berkala.

Tanyakan perihal kondisinya saat ini, apabila kamu termasuk teman dekat, jangan sungkan untuk menanyakan perkembangannya. Tanyakan pula apakah kondisinya cenderung membaik atau malah memburuk.

Kirim Bantuan Uang, Obat atau Makanan

Isolasi mandiri
Isolasi mandiri/pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Bantuan penting yang bisa kamu berikan untuk temanmu yang sedang isolasi mandiri di rumah adalah mengirim bantuan uang, obat atau makanan. Namun sebelum kamu mengirimkannya, sebaiknya tanyakan dulu kebutuhan serta cara isolasi mandiri di rumah yang dilakukan temanmu.

Dengan bertanya dulu, kamu bisa membantu hal-hal yang penting dan memang dibutuhkan oleh kerabat yang isoman. Sebab khawatirnya jika tidak bertanya, kamu memberikan kebutuhan yang sudah ada dan malah sia-sia atau tak terpakai.

Tanyakan apakah dia membutuhkan vitamin, makanan, obat-obatan, oksigen, uang untuk perawatan dan pengecekan atau lain sebagainya. Kamu bisa membantu sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan teman yang isoman Covid-19.

Bagikan Informasi Penting

Isolasi mandiri
Isolasi mandiri/pexels.com/Kampus Production

Di tengah maraknya informasi hoax tentang Covid-19, tentu kebutuhan terhadap informasi cara isolasi mandiri di rumah yang benar menjadi salah satu hal yang penting bagi mereka yang sedang isoman. Apalagi saat sakit, tentu mereka kesulitan untuk mengecek dan memvalidasi informasi penting yang dibutuhkannya.

Jadi bagikan berbagai informasi penting yang dibutuhkan oleh temanmu terkait cara isolasi mandiri di rumah, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Informasi tentang bantuan isoman dari pemerintah RI.
  • Cara-cara penanganan isolasi mandiri, seperti teknik latihan pernapasan saat merasa sesak, nutrisi yang diperlukan saat isoman, cara meningkatkan imun tubuh, dan lainnya.
  • Pastikan temanmu yang isoman sudah memiliki kontak dokter, kerabat dekat atau tetangga yang bisa membantu, dan beberapa rumah sakit terdekat jika mengalami kondisi darurat.  
  • Persiapan tas darurat jika sewaktu-waktu ada kondisi genting yang memaksanya untuk berangkat ke rumah sakit. Tas darurat tersebut perlu berisi KTP dan fotokopi, kartu BPJS dan fotokopi, kartu berobat di RS langganan, baju ganti, dan berbagai peralatan pribadi yang diperlukan selama di RS (buku, gadget, charger, dan lainnya)

Jangan Lupa Doakan

Isolasi mandiri
Isolasi mandiri/pexels.com/Tima Miroshnichenko

Terakhir dan bantuan yang tak boleh dilewatkan adalah mendoakan untuk kesembuhan orang sedang isoman. Jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin, maka satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah meminta bantuan kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Itulah 4 bantuan yang bisa kamu berikan untuk teman yang sedang isoman Covid-19.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id