sign up SIGN UP

Isolasi Mandiri di Rumah, Ini Cara Cuci Pakaian Keluarga yang Positif Covid-19

Octaviani | Sabtu, 17 Jul 2021 14:00 WIB
Isolasi Mandiri di Rumah, Ini Cara Cuci Pakaian Keluarga yang Positif Covid-19
caption

Covid-19 yang belum kunjung mereda, dan masih menyebabkan semua kamar rumah sakit penuh, dan nakes bekerja ekstra untuk menangani pasien-pasien covid-19 yang setiap hari berdatangan. Namun, jika gejalanya tidak terlalu parah, kamu akan disarankan untuk isoman atau isolasi mandiri di rumah. 

Namun, hal ini menimbulkan kekhawatiran baru, yakni adanya virus covid-19 klaster keluarga. Lantas harus bagaimana? Yang terpenting jika sedang isoman, jangan ada kontak fisik dengan keluarga lainnya, terutama anak-anak dan lansia, Beauties.

"Tetap, orang yang sakit harus mengontrol diri. Harus pakai masker 24 jam, harus bisa menjaga jarak dengan keluarganya, misal yang paling sulit dengan anak, dia harus tetap lakukan, enggak boleh kontak fisik," ungkap Dokter Spesialis Penyakit Dalam RA. Adaninggar, seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Perlengkapan rumah pun harus dipisah, termasuk pakaian. Sebaiknya pakaian pasien covid-19 dicuci terpisah dengan pakaian yang lainnya, Beauties. Dirangkum dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), berikut kiat mencuci pakaian untuk anggota keluarga yang positif covid-19.

  1. Sebaiknya gunakan sarung tangan dahulu sebelum memegang pakaian, handuk atau perlengkapan lainnya. Juga gunakan masker saatmencucinya.
    Gunakan sarung tangan saat mencuci pakaian pasien covid19
    Gunakan sarung tangan saat mencuci pakaian pasien covid19/pexels.com/polina-tankilevitch
  2. Pisahkan pakaian, sprei dan handuk yang telah dipakai oleh pasien covid-19, jangan satukan dengan pakaian yang lain. Sebaiknya rendam dahulu pakaian menggunakan air panas dan detergen atau desinfektan khusus pakaian.
  3. Jangan pernah membawa pakaian bekas dipakai pasien covid19 ke tempat lain, apalagi dibuat untuk bersandar pada badan. Sebaiknya letakan pada wadah khusus untuk pakaian kotornya. Ingat, pisahkan juga wadahnya dan bila perlu, beri label pada wadah tersebut.
  4. Jika ada kotoran pada pakaian (misalnya feses atau muntahan), bersihkan dahulu dengan benda kuat seperti sikat lalu buang ke dalam toilet.
  5.  Gunakan mesin cuci pada suhu 60-90 derajat Celcius, lalu gunakan detergen atau boleh campurkan dengan klorin 0,05 persen selama 30 menit. Jemur di tempat yang terik matahari.
  6. Cucilah tangan dengan hand soap atau sabun pada air mengalir setelah selesai mencuci pakaian orang yang terindikasi covid-19.

Saat menjaga dan merawat pasien covid-19 di rumah, yang terpenting juga, menjaga kesehatan diri dan anggota keluarga lainnya, supaya tidak terjadi penyebaran virus yang berlanjut. Semoga bermanfaat, Stay safe, Beauties!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id