sign up SIGN UP

Panduan Isolasi Mandiri untuk Menjaga Diri dan Orang Tersayang dari COVID-19

Rumaysha Milhania | Minggu, 18 Jul 2021 08:00 WIB
Panduan Isolasi Mandiri untuk Menjaga Diri dan Orang Tersayang dari COVID-19
caption

Jika Beauties positif terinfeksi COVID-19, tentu kamu perlu tinggal di rumah untuk waktu yang lama. Nah, berikut adalah beberapa tips, saran, dan hal yang berguna untuk dipertimbangkan, mulai dari mempersiapkan kebutuhan dan membuat rutinitas, hingga tetap aktif dan tetap sibuk selama isolasi mandiri.

Jika Anda perlu tinggal di rumah untuk waktu yang lama, berikut adalah beberapa tip, saran, dan hal yang berguna untuk dipertimbangkan, mulai dari memenuhi kebutuhan dan membuat rutinitas, hingga tetap aktif dan tetap sibuk.
Persiapan Isolasi Mandiri/ Sumber: Pexels.com/ Artem Podrez

Makanan

Sebaiknya rencanakan makanan kamu terlebih dahulu sehingga kamu tahu apakah kamu memiliki cukup makanan untuk bertahan. Pikirkan juga anggota keluarga atau hewan peliharaan. Buatlah daftar belanja yang detail dan periksa ketersediaannya di rumah. 

Bisakah Pergi Berbelanja Jika Sedang melakukan Isolasi Mandiri?

Jika kamu mengasingkan diri, kamu tidak boleh pergi berbelanja. Tanyakan pada teman, keluarga, atau tetangga yang sekiranya dapat membawakan kebutuhan makanan untuk kamu. Kamu juga bisa memesan pengiriman bahan makanan atau langganan katering. Ingat, kamu tidak perlu menimbun barang-barang tertentu, cukup dapatkan apa yang kamu butuhkan. Dengan begitu, semua barang akan ada cukup untuk kamu dan orang lain juga.

Kesehatan

Pastikan kamu memiliki cukup obat dan vitamin untuk kamu dan semua yang tinggal bersama kamu. Jika kamu kehabisan, atau kamu perlu mengambil resep, mintalah seorang teman, anggota keluarga atau tetangga untuk mengambilnya dan membawanya ke rumah. Jika itu tidak memungkinkan, kamu dapat melakukannya secara online.

Periksa apakah kamu memiliki cukup sabun, perlengkapan mandi, dan produk pembersih. Jika kamu tinggal bersama orang lain, seluruh rumah perlu bekerja sama untuk menjaga kebersihan permukaan di area umum.
Karantina Mandiri/ Sumber: Pexels.com/ Tatiana Syrikova

Kebersihan

Periksa apakah kamu memiliki cukup sabun, perlengkapan mandi, dan produk pembersih. Jika kamu tinggal bersama orang lain, seluruh rumah perlu bekerja sama untuk menjaga kebersihan permukaan di area umum. Ingatlah untuk mencuci tangan secara menyeluruh setidaknya selama 20 detik, hindari menyentuh wajah kamu, dan, jika kamu memiliki gejala, batukkan ke tisu. Jika kamu memiliki anggota keluarga lain di rumah, pastikan mereka melakukan semua ini juga untuk membantu menghindari penyebaran atau penularan virus.

Olahraga

Tetap bugar sangat penting untuk tetap sehat, terlebih lagi jika kamu sedang menjalani isolasi mandiri. Ada banyak cara untuk berolahraga tanpa memerlukan peralatan khusus, mulai dari jalan-jalan di rumah hingga yoga. Jika kamu merasa tidak enak badan, atau menginginkan sesuatu yang sederhana, inilah latihan mudah yang dapat kamu lakukan di rumah dengan peregangan dan gerakan lembut untuk membuat kamu tetap fleksibel dan bergerak.

Periksa apakah kamu memiliki cukup sabun, perlengkapan mandi, dan produk pembersih. Jika kamu tinggal bersama orang lain, seluruh rumah perlu bekerja sama untuk menjaga kebersihan permukaan di area umum.
Keperluan Isolasi Mandiri/ Sumber: Pexels.com/ Cottonbro

Bolehkan Berjalan-jalan di Area Sekitar Rumah dengan Masker?

Keluar untuk berjalan-jalan tidak diperbolehkan jika kamu sedang menjalani isolasi mandiri. Kamu hanya dapat berolahraga di dalam rumah (termasuk halaman pribadi dengan pagar yang tertutup).

Tetap Terhubung

Penting untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Kirimlah pesan singkat atau telepon secara teratur untuk membicarakan situasi dan keadaanmu. Kamu juga bisa melakukan panggilan video untuk melepas rindu.

Semoga tips ini bisa membantu kamu untuk bisa menjalani isolasi mandiri dengan lebih disiplin. Ingat, menjalani isolasi mandiri dengan baik adalah salah satu kontribusi besar yang bisa membantu menekan angka penularan COVID-19.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id