sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Cara Tetap Jaga Silaturahmi dengan Saudara Meski Nggak Mudik

Sylvia Yuliasar | Minggu, 24 May 2020 00:00 WIB
5 Cara Tetap Jaga Silaturahmi dengan Saudara Meski Nggak Mudik
https://images.pexels.com/photos/4031818/pexels-photo-4031818.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=2&h=650&w=940
Meskipun nggak mudik, kamu tetap bisa kok bersilturahmi dengan sanak keluarga pakai cara-cara berikut ini!

Pandemi virus corona di Indonesia belum ada tanda-tanda akan berakhir dalam waktu dekat ini. Larangan untuk mudik juga terus digaungkan oleh pemerintah baik daerah maupun pusat, sehingga lebaran tahun ini mau tidak mau harus dilakukan tanpa tradisi silaturahmi bertatap muka langsung dengan sanak saudara.

Namun, tak perlu bersedih hati karena kamu masih beruntung dengan adanya teknologi saat ini yang memudahkan kamu untuk tetap bisa bersilaturahmi tanpa harus bertemu langsung. Berikut ini 5 cara tetap jaga silaturahmi meski nggak mudik ke kampung halaman.


1. Telepon




Foto: https://unsplash.com/

Cara termudah untuk tetap menjaga silaturahmi ialah melalui telepon. Mungkin cara ini sudah biasa dilakukan terutama ketika rindu dengan keluarga dan saudara di kampung halaman. Meski tahun ini nggak bisa mudik tapi kamu masih bisa ngobrol sambil kangen-kangenan via telepon.


2. Video Call




Foto: https://www.pexels.com/

Hampir semua orang sekarang menggunakan smartphone yang sudah dilengkapi dengan kamera depan sehingga memungkinkan kamu untuk bertatap muka lewat video. Dengan adanya video call kamu bisa melihat langsung keadaan keluarga dan saudara di kampung halaman, lumayan bisa mengobati rasa rindu meski tak bisa bertemu langsung.



3. Mengirim Paket Lebaran




Foto: https://unsplash.com/

Jika biasanya kamu selalu mudik dengan membawa bingkisan untuk keluarga dan saudara di kampung halaman, kamu tetap bisa melakukan kebiasaan itu dengan mengirimkan paket lebaran. Meski secara fisik kamu nggak bisa bertemu langsung tapi setidaknya bingkisan yang kamu kirimkan bisa mewakili keberadaan kamu.


4. Lewat Media Sosial




Foto: https://unsplash.com/

Masih ingat pepatah soal media sosial “mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat”? Artinya kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mendekat dan bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh meski nggak bisa mudik tahun ini. Dijamin kangenmu akan cukup terobati deh.


Ganti Amplop Lebaran dengan Uang Elektronik




Foto: https://www.freepik.com/

Seperti sudah menjadi tradisi setiap hari raya lebaran, untuk anggota keluarga yang sudah bekerja biasanya membagi-bagikan amplop untuk saudara yang lebih muda dan anak-anak. Nah, beruntungnya zaman sekarang sudah semakin canggih, bahkan berbagi uang saja bisa kamu lakukan secara online jadi lebih mudah dan praktis. So, meski tahun ini nggak mudik kamu tetap bisa berbagi amplop untuk sepupu atau keponakan di kampung halaman. 

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk jaga silaturahmi dengan saudara meski tahun ini nggak bisa mudik ke kampung halaman. Tetap di rumah, jangan mudik demi kesehatan keluarga di kampung halaman ya.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id