sign up SIGN UP

6 Tanda Kamu Berada Dalam Pertemanan yang Toxic, Pertimbangkan untuk Diakhiri!

Raudiya Nurfadilah H | Senin, 19 Jul 2021 19:15 WIB
6 Tanda Kamu Berada Dalam Pertemanan yang Toxic, Pertimbangkan untuk Diakhiri!

Biasanya kita sering mendengar hubungan yang toxic banyak dialami oleh pasangan, tetapi dalam hubungan pertemanan pun ada istilah toxic friendship. Alih-alih membawa kenyamanan dalam hidup, teman yang toxic justru lebih banyak membawa kesedihan, kelelahan, dan terkadang menjatuhkan diri kita.

Oleh karena itu, kita harus selalu waspada dan mengenali tanda-tanda mengenai pertemanan yang toxic. Lalu bagaimana caranya agar kita tahu ada dalam pertemanan yang toxic?

Nah, untuk menghindari teman toxic, berikut ini beberapa tanda yang dapat kamu ketahui.

Tidak Nyaman dengan Diri Sendiri

kamu merasa tidak nyaman dengan diri sendiri
Pertemanan toxic membuat tidak nyaman/ Foto: Freepik/ Azerbaijan_stockers

Salah satu tanda paling besar dalam pertemanan toxic adalah kamu merasa tidak nyaman dengan badanmu. Dikutip dari Your Tango, seorang teman sejati akan membuat dirimu nyaman dengan badanmu, baik itu gemuk maupun kurus, tetapi teman yang toxic akan terus menerus menyebutmu yang tidak pantas, merendahkan, serta meremehkan.

Jika kamu memiliki teman yang selalu merendahkanmu mengenai bentuk tubuh, lebih baik bicarakan dan utarakan bahwa kamu keberatan dengan hal-hal yang ia anggap candaan semata. Namun bila tak juga ada perubahan, pertimbangkan untuk terus bertahan padanya.

Bertepuk Sebelah Tangan

Seorang teman yang baik dan benar-benar peduli seharusnya selalu ada disaat susah maupun senang
Teman selalu ada disaat susah maupun senang/ Foto: Pexels/ Liza Summer

Apakah temanmu hanya bergaul denganmu? Atau datang di saat butuh saja? Jika seperti itu, maka kamu bisa jadi sedang berada dalam hubungan pertemanan yang toxic. Seorang teman yang baik dan benar-benar peduli idealnya selalu ada, di saat susah maupun senang, dan mesti menguntungkan dari dua sisi, dan bukannya bertepuk sebelah tangan.  Itulah manfaatnya hubungan tulus 'yang saling', bukannya hanya condong ke satu orang saja.

Tidak Merasa Didukung

pertemanan yang toxic, kamu tidak akan mendapatkan dukungan atau kasih sayang sesama teman
Tidak mendapatkan dukungan dari teman/ Foto: Pexels/ Liza Summer

Memiliki teman yang selalu mendukung apapun yang kamu lakukan merupakan sebuah keberkahan dalam pertemanan. Dalam pertemanan yang toxic, kamu tidak akan mendapatkan dukungan atau kasih sayang sesama teman.

Dikutip dari Healthline, ketika dalam hubungan yang toxic, kamu merasa diremehkan, diabaikan, tidak pernah ditanggapi permintaan bantuanmu dan tidak pernah merasa didukung oleh teman-temanmu. Secara singkat, temanmu tidak ada ketika kamu butuhkan.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id