sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Bisa Mirip Samsan Tech, Pertimbangkan Dulu 5 Risiko Bisnis Bareng Sahabat!

Lifia Mawaddah Putri | Kamis, 24 Dec 2020 13:30 WIB
Bisa Mirip Samsan Tech, Pertimbangkan Dulu 5 Risiko Bisnis Bareng Sahabat!
caption
Jakarta -

Pernahkah kamu merencanakan untuk memulai bisnis bersama temanmu? Melakukan berbagai hal bersama teman pasti akan terasa menyenangkan. Tapi, membangun bisnis bersama teman enggak semudah dan semenyenangkan itu lho. Banyak risiko yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan hal ini.

Yuk simak 5 risiko yang akan kamu hadapi jika berbisnis bersama teman berikut ini!

Terlalu Percaya

Memutuskan untuk bekerjasama dengan seseorang tentunya membutuhkan rasa percaya.
Bisnis/freepik.com

Memutuskan untuk bekerjasama dengan seseorang tentunya membutuhkan rasa percaya. Apalagi kalau partnermu adalah temanmu sendiri. Tapi, jangan terlalu menaruh kepercayaan penuh ya. Hal ini bukan berarti kamu juga menaruh curiga. Hanya saja kamu perlu berjaga-jaga agar semuanya terorganisir dengan baik. Jadi, sepakati di awal bahwa setiap sikap kritis yang nantinya dilakukan bukan bermaksud untuk mencurigai.

Hubungan Pertemanan Dipertaruhkan

Ini merupakan salah satu risiko yang perlu kamu pertimbangkan. Sebab jika terjadi masalah, bisa-bisa hubungan pertemanan kalian akan jadi taruhannya. Kebanyakan orang pun enggak berani berbisnis bersama teman karena takut mengambil risiko ini. Tapi jika kamu ingin tetap mencobanya, buatlah kesepakatan sedetail mungkin dengan temanmu.

Masalah Keuangan Dapat Memicu Konflik

Keuangan memang sering menjadi hal yang sensitif. Kalau enggak dibicarakan dengan baik sejak awal, risiko ini bisa saja terjadi di kemudian hari.
Stres/freepik.com

Keuangan memang sering menjadi hal yang sensitif. Kalau enggak dibicarakan dengan baik sejak awal, risiko ini bisa saja terjadi di kemudian hari. Apalagi jika pencatatan keuangan tidak ditulis dengan rapi dan tidak sesuai dengan standar akuntansi. Pasti akan sulit untuk mengurai akar permasalahan ini. Nah untuk menghindari risiko ini, kamu bisa mencoba menggunakan Aplikasi Accurate Online untuk mempermudah proses pencatatan keuanganmu.

Jangan Memutuskan Sesuatu Secara Sepihak

Karena bisnis yang kamu jalani bukan milikmu secara pribadi, kamu enggak bisa mengambil keputusan secara sepihak. Apapun keputusannya, diskusikanlah bersama temanmu. Mintalah masukan dari temanmu mengenai ide yang kamu rencanakan. Jika temanmu enggak menyetujuinya, kalian bisa mencari solusinya bersama.

Keuntungan Dibagi Dua

Selain kesepakatan, pendapatan juga enggak bisa kamu miliki sendiri. Laba adalah salah satu poin yang harus dibahas sejak awal.
Bisnis/freepik.com

Selain kesepakatan, pendapatan juga enggak bisa kamu miliki sendiri. Laba adalah salah satu poin yang harus dibahas sejak awal. Kamu harus menyepakati berapa besar keuntungan yang akan dibagi dua. Sebab kebanyakan bisnis bisa gagal lantaran terjadinya cekcok mengenai laba.

Jadi sebelum kamu memulai bisnis bersama temanmu, buatlah kesepakatan secara tertulis. Bukan karena tidak percaya, namun dengan menulisnya kalian bisa lebih ingat tentang kesepakatan apa saja yang sudah kalian buat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id