sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Hindari Melakukan 3 Hal Sepele Ini ketika Temanmu Sedang Menangis

Rani Mutiara | Kamis, 20 May 2021 23:00 WIB
Hindari Melakukan 3 Hal Sepele Ini ketika Temanmu Sedang Menangis
Sad Woman | Freepik.com
Jakarta -

Menenangkan orang yang sedang menangis bukanlah hal yang mudah karena hatinya menjadi lebih sensitif dan mudah terluka. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati dalam berbicara ketika teman kamu sedang menangis. Jangan lakukan 3 hal sepele berikut jika kamu tidak ingin semakin melukainya.

Melarang Perasaannya

Menangis adalah hal yang wajar karena merupakan salah satu bentuk dari mengekspresikan perasaan atau emosi. Biasanya orang akan merasa lebih lega setelah menangis karena perasaannya sudah tersalurkan lewat air mata. Maka dari itu, jangan sampai kamu melarang temanmu menangis, ya. Ganti kalimat, "Kamu jangan nangis lagi, ya" menjadi "Nangislah sampai kamu merasa lebih baikan". Karena semakin kamu melarang dia menangis, maka ia akan semakin menangis.

Depressed Girl | Freepik.com
Depressed Girl | Freepik.com

Membujuknya Hingga Terkesan Memaksa

Kamu pasti pernah membujuk temanmu yang sedang bersedih untuk tetap makan dan tidur yang cukup. Meskipun niatmu baik, tapi ternyata hal ini tidak mudah untuk dilakukan oleh temanmu karena semangatnya yang sedang menurun. Maka, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mengingatkannya. Kalau dia tidak mau makan, kamu bisa membawakannya makanan dan meletakkan makanan tersebut di dekatnya. Mungkin dia belum mau makan sekarang, tapi nanti kamu bisa mengingatkannya kembali untuk makan.

Ingat, jangan sampai memaksanya, tapi tetap sabar dan terus mengingatkannya supaya ia merasa diperhatikan bukan dituntut.

Offering Food | Freepik.com
Offering Food | Freepik.com

Memberikan Saran

Memberikan saran emang terdengar hal yang baik namun jika dilakukan di tempat dan waktu yang salah justru menjadi hal yang menjengkelkan. Ketika temanmu sedang menangis, satu hal yang ia butuhkan hanyalah ditemani. Sekalipun kamu merasa apa yang dilakukan temanmu ini tidak baik, cobalah untuk menahan diri terlebih dahulu supaya tidak memberikan saran ketika temanmu menangis. Karena saran tadi hanya akan membuat perasaannya semakin memburuk.

Kecuali kalau teman kamu sendiri yang meminta saran, maka kamu bisa mengatakan hal-hal baik yang bisa membantunya.

Two Girls Hugging | Freepik.com
Two Girls Hugging | Freepik.com

Itulah 3 hal sepele yang mungkin tidak sadar telah kamu lakukan ke temanmu yang sedang menangis. Mulai dari sekarang, cobalah untuk lebih mendengarkan kebutuhan temanmu daripada menyampaikan apa yang kamu rasa benar supaya teman kamu merasa lebih diperhatikan.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id