sign up SIGN UP

Berapa Banyak Pelukan yang Kita Butuhkan Dalam Sehari Untuk Bahagia?

Intan Dwi | Kamis, 22 Oct 2020 22:00 WIB
Berapa Banyak Pelukan yang Kita Butuhkan Dalam Sehari Untuk Bahagia?
caption
Jakarta -

Pelukan menjadi cara yang sangat intim dan intens untuk mengekspresikan emosi, baik itu saat senang, sedih atau mencoba untuk menghibur. Melalui pelukan kita bisa mengirimkan kebahagiaan atau kesedihan kita kepada orang lain. Tanpa harus menggunakan kata-kata kita juga bisa memberi tahu seseorang bahwa mereka bisa mengandalkan kita atau kita memahami keadaan mereka.

Tetapi berpelukan enggak hanya membantu kita terhubung dengan orang lain dan mengekspresikan apa yang kita rasakan. Banyak sekali manfaat yang akan didapat saat kita memberi pelukan, seperti baik untuk kesehatan dan keseimbangan emosi.

Berapa Pelukan yang Kita Butuhkan Dalam Sehari?

dalam sehari kita membutuhkan empat pelukan untuk bertahan hidup, delapan pelukan untuk mempertahankan diri dan 12 pelukan untuk pertumbuhan.
5 Tips Cantik dan Awet Muda Diusia 50 Tahun Dari Model Naomi Campbell/unsplash.com

Melalui Healthline, Virginia Satir seorang terapis keluarga mengatakan, setidaknya  dalam sehari kita membutuhkan 4 pelukan untuk bertahan hidup, 8 pelukan untuk mempertahankan diri dan 12 pelukan untuk pertumbuhan. Menurut Satir, setiap hari membutuhkan delapan pelukan untuk bisa merasa bahagia. Meskipun terdengar terlalu banyak pelukan, tapi lebih banyak berpelukan akan lebih baik daripada tidak sama sekali.

Penelitian yang dilakukan di  Carnegie Mellon University mengungkapkan, bahwa berpelukan secara dramatis meningkatkan suasana hati kita dan membuat kita melihat sesuatu dari sudut pandang yang lebih positif bahkan saat keadaan buruk. Saat ini banyak orang yang hidup menyendiri atau sibuk sehingga kurang berinteraksi sosial.

Jadi kalau kamu ingin merasa lebih baik dengan mengurangi stres, meningkatkan komunikasi, menjadi lebih bahagia dan sehat. Tampaknya memberi dan meminta lebih banyak pelukan akan membuat awal hidup yang lebih baik. Kamu bisa memulai minta pelukan dari teman dan anggota keluarga terdekat terlebih dahulu. Sains membuktikan bahwa pelukan teratur dengan orang-orang terdekat kamu, meskipun singkat, dapat memberikan efek positif terutama pada otak dan tubuh.

Memberikan Rasa Nyaman dengan Diri Sendiri

. Pelukan juga akan memberi tahu bahwa kita layak dicintai dan perasaan itula yang membuat kita merasa lebih baik.
Memberikan Rasa Nyaman dengan Diri Sendiri/unsplash.com

Pelukan yang bersahabat atau yang penuh kasih sayang, akan memengaruhi kemampuan otak untuk membangun citra tubuh bahkan pada orang dewasa. Pelukan salah satu jenis kontak fisik yang penting untuk mengembangkan dan memelihara rasa yang tepat dari tubuh kita. Pelukan juga akan memberi tahu bahwa kita layak dicintai dan perasaan itulah yang membuat kita merasa lebih baik. Selain itu, pelukan di tempat tidur juga bermanfaat untuk melawan insomnia sehingga membantu kamu rileks dan tidur nyenyak.

Manfaat yang Didapatkan dari Pelukan

Banyak penelitian menunjukkan bahwa pelukan penting untuk sistem kekebalan, kesehatan jantung, berikut ini manfaat yang didapatkan saat kita mendapatkan pelukan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian itu menemukan orang yang sering memeluk cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk sakit.
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh/freepik.com

Dilansir dari SafeFinancial, The Carnegie Mellon University, menerbitkan sebuah penelitian yang membuktikan hubungan antara pelukan dan sistem kekebalan. Penelitian itu menemukan orang yang sering memeluk cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk sakit. Penelitian ini dikhususkan untuk penyakit yang sering dikaitkan dengan sress atau kadar kortisol yang tinggi.

2. Mengurangi Stres Secara Alami

berpelukan mengurangi jumlah kortisol (hormon stres) dalam tubuh dan melepaskan ketegangan ssehingga menenangkan otak.
Mengurangi Stres Secara Alami/pexels.com

Di saat kamu merasa sedikit tertekan, coba temui orang terdekat yang kamu sayangi dan peluklah mereka. Karena berpelukan mengurangi jumlah kortisol (hormon stres) dalam tubuh dan melepaskan ketegangan sehingga menenangkan otak.

3. Membuat Lebih Bahagia

Oksitosin dikaitkan dengan kebahagiaan dan berkurangnya stres, ilmuwan menemukan bahwa hormon ini memiliki efek yang kuat pada wanita.
Membuat Lebih Bahagia/freepik.com

Oksitosin adalah bahan kimia dalam tubuh kita yang kadang-kadang disebut oleh para ilmuwan sebagai "hormon pelukan". Oksitosin dikaitkan dengan kebahagiaan dan berkurangnya stres, ilmuwan menemukan bahwa hormon ini memiliki efek yang kuat pada wanita. Sehingga saat berpelukan hormon ini akan membuat bahagia dan menurunkan tekanan darah serta hormon stres norepinefrin.

4. Mengurangi Rasa Takut

Ilmuwan telah menemukan bahwa sentuhan dapat mengurangi kecemasan pada orang yang memiliki rasa takut.
Mengurangi Rasa Takut

Ilmuwan telah menemukan bahwa sentuhan dapat mengurangi kecemasan pada orang yang memiliki rasa takut. Dengan berpelukan itu akan membantu mereka mengurangi rasa takut dan mencegah seseorang menyendiri saat takut. Bahkan hanya menyentuh benda mati, seperti boneka beruang, itu juga akan membantu mengurangi rasa takut seseorang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id