sign up SIGN UP

Jadi Teman yang Baik, Begini Kiat Berikan Dukungan pada Survivor Kanker Payudara

Anindya Milagsita | Senin, 18 Oct 2021 15:00 WIB
Jadi Teman yang Baik, Begini Kiat Berikan Dukungan pada Survivor Kanker Payudara
caption

Beauties, menyaksikan orang terdekat menjalani hari demi hari pemulihan setelah operasi kanker payudara tak jarang bikin nggak tega dan ingin melakukan yang terbaik untuk mendukungnya, ya.

Kondisi ini tentu berat untuk dijalani mereka karena ada berbagai kebiasaan baru yang harus dilakukan pascaoperasi. Sebagai sosok yang mengenal mereka dengan baik, ternyata ada sederet cara yang bisa kamu lakukan untuk mendukung mereka lewati masa-masa sulit.

Cari tahu selengkapnya lewat artikel berikut!

Menghargai Kesedihan & Trauma Mereka

Menghargai kesedihan dan rasa trauma.
Cara mendukung orang terdekat yang menjalani pemulihan pascaoperasi kanker payudara/freepik/jcomp

Menjalani pemulihan setelah operasi terkadang bisa menimbulkan kesedihan hingga trauma bagi seseorang yang menjalaninya, Beauties. Saat kamu mendapati ada orang terdekat yang mengalaminya, cara terbaik untuk mendukungnya adalah dengan menghargai apa yang tengah dirasakan. Seperti dilansir dari Healthline, kehilangan juga bisa dirasakan oleh mereka yang menjalani pemulihan kanker payudara.

Seperti kehilangan sebagian fisik, kehilangan rasa aman dalam tubuh, bahkan hilangnya rasa aman di dunia. Seorang psiko-onkologis dan penyintas kanker payudara bernama Renee Exelbert, PhD, CFT mengungkap, "orang-orang terkasih harus memahami bahwa ada banyak kehilangan yang telah terjadi bagi mereka yang selamat dari kanker payudara."

Jangan Ragu Tawarkan Bantuan

Jangan ragu menawarkan bantuan kepada mereka.
Cara mendukung orang terdekat yang menjalani pemulihan pasca operasi kanker payudara/freepik/mego-studio

Sebagai orang terdekat dan bahkan mungkin dipercaya, jangan ragu untuk menawarkan bantuan bagi mereka, Beauties. Mereka yang tengah melakukan pemulihan sebagai penyintas kanker payudara tak jarang ingin melakukan tugas sehari-hari, tapi terkendala kondisi tubuh yang nggak memungkinkan. 

Tawarkan apa yang bisa kamu lakukan untuk bisa membantu meringankan beban mereka. Meskipun terkadang mengetahui cara membantu itu sendiri cukup sulit dilakukan. Pastikan kamu mengetahui apa yang dapat dilakukan dan seberapa banyak waktu luang yang dimiliki untuk melakukannya.

Pahami Prioritas Mereka yang Mungkin Berubah

Pahami kalau mungkin prioritas mereka kini berubah.
Cara mendukung orang terdekat yang menjalani pemulihan pascaoperasi kanker payudara/freepik/diana.grytsku

Sebagai orang yang mengerti tentang perjuangan mereka saat mengalami masa-masa sulit karena kanker payudara, ada kebiasaan tertentu yang tak bisa lagi dilakukan bersama mereka. Baik itu kebiasaan hangout, travelling, atau sekadar berbelanja bersama.

Pahamilah kalau kebiasaan yang hilang wajar terjadi karena saat ini kesehatan bagi mereka adalah sebuah prioritas. Berhasil selamat dari kanker payudara bisa membuat perspektif dan prioritas mereka bergeser, Beauties.

Menjadi Teman Bicara

Menjadi teman bicara saat mereka butuhkan.
Cara mendukung orang terdekat yang menjalani pemulihan pasca operasi kanker payudara/freepik/shurkin_son

Mendapatkan diagnosis mengalami kanker payudara nggak jarang bikin sebagian orang merasa kaget, takut, khawatir, sedih, hingga depresi. Mereka pun harus mengalami masa-masa sulit saat menjalani pemulihan. Sebagai orang yang dekat dengan mereka, cara terbaik untuk mendukung adalah dengan selalu ada di samping mereka.

Melansir dari Breast Cancer Now, berada di samping penyintas kanker bukan berarti kamu harus selalu ada dengan mereka di mana pun dan kapan pun, Beauties. Tetapi kamu bisa melakukan hal sederhana seperti menjadi teman bicara.

Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik saat mereka mengungkapkan perasaan yang tengah dialami. Jangan ragu memegang tangan atau menepuk pundaknya untuk memberikan rasa nyaman bagi mereka saat berbicara.

Jangan Lupa Jaga Dirimu

Jangan lupa menjaga diri sendiri.
Cara mendukung orang terdekat yang menjalani pemulihan pasca operasi kanker payudara/freepik/marymarkevich

Mendukung teman atau kerabat terdekat yang menjadi penyintas kanker payudara bisa membuat kamu lelah baik secara fisik ataupun emosional. Agar bisa selalu mendukungnya, pastikan kamu juga menjaga diri sendiri, Beauties.

Seberapa besar keterlibatan kamu saat mendukungnya, penting untuk memastikan diri sendiri dalam keadaan yang baik. Seperti makan dengan teratur, minum yang cukup, olahraga secara rutin, beristirahat dengan cukup, sampai memiliki waktu luang untuk diri sendiri.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id