sign up SIGN UP

3 Hal Penting yang Bisa Kamu Lakukan untuk Melawan Breast Cancer

Sierra Muktisari | Kamis, 14 Oct 2021 17:30 WIB
3 Hal Penting yang Bisa Kamu Lakukan untuk Melawan Breast Cancer
caption
Jakarta -

Beauties, ada kalanya kehidupan yang kita jalani nggak selalu berjalan mulus. Selalu ada suka dan duka, perjalanan penuh lika-liku, hingga berbagai rintangan yang kita hadapi. Hal ini terkadang membuat kita sulit untuk menerima kenyataan, karena nggak semua kenyataan yang kita hadapi berbuah manis.

Misalnya, ketika kamu harus menerima kenyataan bahwa kamu menerima diagnosis terkena breast cancer atau kanker payudara. Meski sulit, hanya diri kita yang bisa mengatasi kondisi tersebut dengan selalu berjuang. Agar bisa terus bergerak maju, ini 3 hal yang perlu dilakukan jika kamu mengalami breast cancer.

1.  SADARI

Sadari adalah singkatan dari periksa payudara sendiriSadari adalah singkatan dari periksa payudara sendiri/ Foto: freepik.com

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah yang satu ini, bukan? SADARI merupakan singkatan dari Periksa Payudara Sendiri, yaitu sebuah cara di tahap awal untuk mendeteksi adakah gejala kanker payudara atau breast cancer secara dini.

Menurut penjelasan Astri Prameswari, salah satu breast cancer survivor dari Love Pink Indonesia pada sesi Instagram Live bersama Beautynesia pada Senin, (11/10) lalu, gerakan SADARI penting untuk dilakukan. Ada jadwal tertentu untuk melakukannya, yaitu 7 hingga 10 hari setelah masa menstruasi.

Untuk melakukannya, kamu bisa merentangkan kedua tangan ke atas, lalu gunakan 3 ruas jari untuk memeriksa daerah di sekitar payudara dengan gerakan memutar. Hal ini juga dapat membantu mengecek apakah terjadi benjolan atau tanda-tanda lainnya di sekitar payudara.

2. Meminta Bantuan Ahli

Kiat atasi rasa takut saat vaksinasiTenaga medis/ Foto: freepik.com

Jika kamu merasa perbedaan dalam arti kurang sehat pada tubuh terutama di sekitar payudara, ada baiknya kalau kamu meminta bantuan ahli, seperti dokter atau tenaga medis lainnya. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, serta mendapat perawatan dari pihak-pihak yang berpengalaman.

Sama seperti yang dilakukan oleh Astri Prameswari dari Love Pink Indonesia, ia pun sebagai seseorang yang pernah mengalami kanker payudara, turut mengunjungi beberapa dokter dan rumah sakit untuk mengecek kondisinya.

3. Tetap Berpikiran Positif dan Berjuang

psikosomatispsikosomatis/ Foto: Wandha Kusuma

Ketika kamu mendapat diagnosis kanker payudara, reaksi pertama pastinya terkejut dan sedih. Hal tersebut juga bisa mengubah cara pandangmu mengenai kehidupan. Namun, jangan khawatir, Beauties.

Meski awalnya pasti sedih dan nggak bisa menerima kenyataan tersebut, kamu tetap harus berpikiran positif dan berjuang menjalani berbagai perawatan supaya kesehatanmu cepat pulih.

Selain itu, kamu bisa mencari kegiatan positif baru untuk membuat mindset kamu lebih happy. Misalnya, kamu bisa bergabung dengan suatu komunitas untuk menambah teman hingga pengalaman baru!

Itu dia beberapa hal penting yang bisa kamu lakukan untuk melawan breast cancer. Untuk mendapat informasi lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi instagram @lovepinkindonesia. Love Pink Indonesia merupakan sebuah gerakan sosial yang diprakarsai oleh dua orang sahabat yang berhasil mempertahankan hidup dari kanker payudara.

Love Pink Indonesia juga bisa menjadi wadah untuk kamu berbagi mengenai kanker payudara, mengikuti berbagai kegiatan yang seru dan menarik, serta mendapat pengetahuan yang lebih luas mengenai kanker payudara.

Jangan lupa untuk kunjungi laman resmi mereka ya, Beauties!

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id