sign up SIGN UP

Jangan Menjauh, Ini yang Bisa Kamu Lakukan Saat Teman Sedang Berkeluh Kesah

Sylvia Yuliasar | Selasa, 13 Jul 2021 13:00 WIB
Jangan Menjauh, Ini yang Bisa Kamu Lakukan Saat Teman Sedang Berkeluh Kesah
caption

Teman yang sedang berkeluh kesah memang kadang tidak mudah dihadapi. Itu karena terkadang kita tidak selalu bisa menjadi pendengar yang baik. Apalagi kalau yang dikeluhkan selalu sama, tentunya kamu juga bisa merasa sebal bukan?

Meskipun terkadang kita memiliki rasa 'nggak enakan', tapi sebenarnya ini jangan dibiarkan berlarut-larut. Lebih baik simak kiat menghadapi teman yang sedang mengeluh tanpa menyinggung perasaannya berikut ini yuk!

Hindari Sikap Sok Tahu

Jangan menghadapi teman yang suka mengeluh dengan sikap yang sok tahu
Ilustrasi bersikap sok tahu pada teman yang suka mengeluh/ Foto: freepik.com

Ketika teman mengeluh, jangan sampai kita sok tahu tentang situasi sebenarnya yang sedang mereka alami. Memberikan tanggapan yang terdengar sepele seperti, "Wah, kalau masalahnya begitu aku juga pernah merasakannya, jadi jangan berlebihan."

Tanggapan yang dianggap menyepelekan itu bisa saja menyinggung perasaan teman kita. Mereka akan beranggapan jika keluhannya tidak dihargai. Sebaliknya, kita perlu berempati dengan kondisinya.

Jadi Pendengar yang Baik

Teman yang mengeluh terkadang hanya ingin didengarkan, bukan meminta solusi.
Ilustrasi mendengarkan teman yang mengeluh / Foto: Unsplash.com

Seringkali teman yang mengeluh hanya merasa ingin menumpahkan emosinya. Bukan untuk mencari solusi dari masalah yang dialami. Mereka hanya butuh untuk didengarkan oleh orang-orang di sekitarnya. Ya, menurut psikolog Ratih Ibrahim seperti yang dikutip dari detikHealth, langkah pertama seorang pendengar, dalam hal ini kamu, harus bisa berempati.

Jika teman sedang mengeluh tetapi tidak menanyakan solusi maka yang perlu kita lakukan adalah hanya mendengarkan semua keluhannya. Usahakan untuk tetap bersikap biasa saja, jangan menunjukkan rasa tidak nyaman saat temanmu sedang curhat. Sebisa mungkin tunjukkan bahwa kamu juga ikut merasakan apa yang mereka alami walaupun hanya dengan mendengarkannya.

Berikan Nasihat Seperlunya

Teman yang suka mengeluh juga kadang-kadang memerlukan nasihat
Ilustrasi memberikan nasihat pada teman yang suka mengeluh / Foto: unsplash.com

Selain tipe teman yang hanya ingin mengeluarkan uneg-uneg tapi hanya ingin didengarkan, ada juga tipe teman yang sebenarnya juga memerlukan saran dan nasihat. Memberikan solusi atau nasihat singkat kepada temanmu dapat membuat mereka berhenti untuk mengeluh. Mungkin karena mereka merasa sudah mendapat pencerahan untuk masalah yang sedang dihadapi.

Nah itu dia Beauties tiga cara yang dapat kita lakukan saat menghadapi teman yang sedang mengeluh. Dengan hal kecil pun kita dapat menunjukkan rasa empati tanpa menyinggung perasaannya. Sebisa mungkin jadikan diri kita sebagai sahabat yang selalu ada di sampingnya di hari-hari terberat dia.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id