sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Nyaris Sama, Ini Bedanya Orang Peduli dan Hanya Kepo dengan Masalah Hidupmu

Dian Aprilia | Rabu, 09 Jun 2021 13:30 WIB
Nyaris Sama, Ini Bedanya Orang Peduli dan Hanya Kepo dengan Masalah Hidupmu
Sahabat/ foto: pexels.com

Saat memiliki masalah, terkadang kita sangat membutuhkan orang-orang yang peduli. Sayangnya di balik kepedulian seseorang, biasanya tersembunyi maksud tertentu. Bahkan tidak sedikit pula yang berusaha terlihat peduli, padahal hanya kepo dengan permasalahan hidup yang kita alami.

Tentu tidak heran jika kita merasa kesal bertemu orang yang hanya kepo saja tapi tak ada inisiatif untuk membantu. Agar tak salah pilih tempat curhat, berikut beautynesia.id telah merangkum perbedaan orang yang peduli dan hanya kepo masalah hidupmu:

Alasan di Balik Pertanyaan

Sahabat
Sahabat/pexels.com

Orang yang peduli biasanya tidak ada maksud tersembunyi saat bertanya masalah hidupmu. Mereka bertanya karena murni ingin membuatmu merasa lega. Mereka ingin kamu berbicara agar kamu bisa lepas dari beban yang selama ini tersimpan.

Sedangkan orang yang hanya kepo bertanya kepadamu untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Ia ingin mendapatkan informasi tentang kesusahan yang kamu alami untuk disebarkan ke orang lain. Tak hanya itu, biasanya mereka yang hanya kepo cenderung bahagia saat melihat orang lain kesusahan.  

Permintaan Bercerita

Sahabat
Sahabat/pexels.com

Orang yang benar-benar peduli tidak akan memaksamu untuk bercerita tentang masalah yang kamu hadapi. Ia bisa menerima jika kamu mau bercerita atau menolak bercerita dengan lapang dada. Ia juga tak akan merasa tersakiti jika kamu memilih diam dan sabar menanti keterbukaanmu. 

Sementara orang yang hanya kepo akan berusaha mati-matian untuk mendapatkan informasi. Ia bisa melakukan segala cara untuk membuatmu bercerita. Entah dengan mengungkit-ungkit kedekatanmu dengannya, kebaikan yang kamu dapatkan dari dia, atau pun janji untuk tidak membocorkan rahasiamu.

Kedekatan

Sahabat
Sahabat/pexels.com

Orang yang peduli biasanya akan tetap berada di sampingmu, tak peduli bagaimana kondisimu. Baik saat senang, susah, kaya, miskin, mereka akan selalu berada di sampingmu. Sebab, mereka memang memiliki kepedulian dan ketulusan yang besar.

Sementara orang yang hanya kepo akan mendekat saat kamu tertimpa musibah saja. Bukannya membantu, mereka hanya ingin tahu masalah yang kamu alami dan mengambil keuntungan dari masalahmu. Entah menjadi bahan gosip, kepuasan personal, atau sekedar iseng.

Keinginan untuk Membantu

Sahabat
Sahabat/pexels.com

Orang yang benar-benar peduli pasti akan membantu meski tanpa diminta. Ia berani pasang badan saat kamu dihadapkan dengan masalah. Bahkan mereka dengan senang hati akan menawarkan bantuan dan rela membantu sebisa mungkin.

Sementara orang yang kepo tidak ada keinginan sedikitpun untuk membantu orang lain. Mereka juga diliputi kekhawatiran jika kamu meminta bantuan padanya. Ia akan berusaha untuk mencari-cari alasan yang tepat untuk menolak membantumu.

Alasan di Balik Bantuan yang Diberikan

Sahabat
Sahabat/pexels.com

Orang yang peduli memiliki keinginan kuat untuk membantu orang lain. Biasanya hal itu didasari karena alasan ingin orang yang dibantunya tidak kesulitan lagi atau mengalami masalah lain. Saat orang lain bahagia dan merasa terbantu, hatinya menjadi lega dan lebih baik.

Sementara orang yang kepo, biasanya membantu karena ada maksud tersembunyi. Entah karena mengharap pujian orang lain, mengumbar kebaikan pada orang lain, bahan story instagram, dan lainnya.

Itulah 5 perbedaan antara orang yang benar-benar peduli dan hanya kepo. Semoga kita didekatkan dengan orang-orang yang peduli dan tulus membantu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id