sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Jenis-Jenis Ospek di Beberapa Negara, Beda Sama Indonesia?

Izzul Millati Umami | Kamis, 24 Sep 2020 15:30 WIB
Jenis-Jenis Ospek di Beberapa Negara, Beda Sama Indonesia?
caption
Jakarta -

Ospek merupakan salah satu hal yang umum dilakukan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Baru-baru ini, viral ospek yang dilakukan oleh salah satu kampus di Indonesia. Ospek online yang dilakukan ini menjadi bahan perbincangan warganet di media sosial karena masih menggunakan metode marah-marah. 

Anyway, memangnya, kalau di negara lain, apakah model ospeknya sama atau-berbeda, ya? Yuk intip dulu beberapa bentuk ospek di seluruh dunia berikut ini:


Jerman

ospek di jerman
ospek di jerman/sumber:pixabay.com

Ospek di negara Jerman berlangsung hanya 3 hari dengan menerapkan kesan yang tetap formal namun menyenangkan. Pada masa 3 hari itu, kegiatan diisi dengan pengarahan akademis dan touring kampus. Kebanyakan ospek di Jerman diisi dengan beberapa games seru dan juga terdapat welcoming party. Tidak ada kesan bullying. 

Belanda

ospek di belanda
ospek di belanda/sumber:pixabay.com

“Introduction week” atau minggu pengenalan merupakan umum di budaya ospek Belanda. Selama minggu ini, para junior akan ditemani oleh senior kampus untuk touring melihat tempat-tempat bersejarah di sekitar kampus. 

Jadi, nggak hanya lingkungan dalam kampus tapi juga lingkungan luar kampus. Nantinya mahasiswa baru akan dibagi ke dalam beberapa kelompok. Kemudian, salah satu senior akan menjadi tuan rumah bagi makan malam para mahasiswa baru ini. Ini bertujuan agar diantara mahasiswa baru dan senior terbangun keintiman. 

Jepang

Ospek di Jepang
Ospek di Jepang/sumber:pixabay.com

Kegiatan ospek kampus di Jepang juga membagi mahasiswa baru ke dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka akan ditemani oleh senior-senior kampus untuk mengenal lingkungan universitas. Karena masih mengedepankan budaya sopan santun ke senior, ospek di Jepang tetap menghargai kakak tingkatnya. Meski begitu, para senior tetap respect ke adik tingkatnya.

Amerika Serikat

Ospek di Amerika
Ospek di Amerika/sumber:pixabay.com

Karena menjunjung tinggi kebebasan berpendapat, ospek di Amerika serikat tak jauh-jauh dari budaya diskusi antara mahasiswa baru dan senior. Setelahnya, mereka akan melakukan game-game kecil maupun pertandingan seru semacam olahraga bowling, basket dan lain semacamnya. Tidak ada budaya bully antar senior dan junior. 

Singapura

Ospek di Singapura
Ospek di Singapura/sumber:pixabay.com

Ospek di singapura menjunjung tinggi kegiatan sosial semacam membantu manula, membersihkan lingkungan dan bakti sosial ke tempat-tempat umum. Selain itu, para mahasiswa juga mendapat giliran presentasi tentang ide-ide mereka. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id