sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kenali Ciri-ciri Teman Kerja yang Toxic, Hindari deh!

Atikah Nur Pertiwi | Jumat, 11 Dec 2020 07:00 WIB
Kenali Ciri-ciri Teman Kerja yang Toxic, Hindari deh!
caption

Punya teman kerja yang asik dan seru emang bikin kita jadi betah dan merasa tidak lelah saat bekerja. Tapi kamu harus tahu nih, jangan sampai salah memilih teman yang malah merugikan atau mengganggu pekerjaan kamu ya. Bisa-bisa jadi toxic buat kamu lho!

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa kamu ketahui tentang teman kerja yang toxic untuk. Apa saja ya kira-kira? 

1. Si Tukang Gosip

Perempuan yang sedang berbicara
Si Tukang Gosip/freepik.com

Enggak akan asik kalau enggak ada teman kantor yang bisa seru diajak ngobrol. Tapi kalau punya teman kantor yang sering gosip, kayaknya kamu perlu berjaga jarak dengannya.

Biasanya memiliki teman yang suka gosip akan lebih banyak mendapatkan hal negatif. Bahkan terkadang mereka suka mulai mengajak kamu ngobrol di waktu yang tidak tepat. Terkadang mereka suka basa-basi denganmu untuk tahu informasi darimu dan menceritakannya ke orang lain.

Nah yang terjadi bukan hanya waktu kerja kamu yang terganggu, tapi bisa jadi kamu juga menjadi bahan gosipnya. 

2. Si Sok Tahu

Orang yang sedang berbicara di ruang kerja
Si Sok Tahu/freepik.com

Pasti kalian punya teman yang menganggap dirinya selalu tahu tentang semua hal. Jika kalian punya teman kantor yang seperti ini, kalian harus menghindarinya ya.

Teman kantor yang sok tahu biasanya akan merasa terdorong untuk memberikan pendapat dan nasihatnya untuk kamu lho, walaupun kamu tidak bertanya. Terkadang mereka juga suka menghakimi apa yang kamu kerjakan dan mengabaikan pendapat kamu.

Sebaiknya kamu jangan kesal dalam menanggapinya ya. Karena akan membuat kamu tidak fokus dan pekerjaan kamu jadi terganggu.

3. Si Kompetitif

Sedang di ruang meeting
Si Kompetitif/freepik.com

Memiliki teman yang kompetitif, pasti selalu ingin menang dan menjadi terobsesi saat ada kesempatan untuk membuktikan bahwa dia adalah yang terbaik. Bahkan terkadang mereka akan membual, meremehkan, dan memanipulasi kamu atau orang lain untuk mendapatkan yang diinginkannya. 

Meskipun nggak ada yang salah dengan seseorang yang berusaha untuk menjadi yang terbaik, tapi tidak dengan menjatuhkan atau mengorbankan orang lain ya. Ingatlah bahwa kamu juga harus fokus pada diri kamu sendiri untuk menjadi yang terbaik dan jangan terlalu teralihkan ya.

4. Si Jealous 

Teman yang sedang melihat kerjaan temannya
Si Jealous/freepik.com

Sebenarnya orang yang iri tidak akan pernah fokus pada kebahagiaan atau kehidupan mereka sendiri lho. Misalnya jika kamu baru saja mendapatkan projek baru, mendapat promosi, atau berhasil dengan pekerjaan kamu, mereka akan sangat jealous dan menunjukkan perasaan tidak suka kepada kamu. 

Akan lebih baik jika kamu berhati-hati dengan tetap rendah diri dan tidak membalasnya ya. Karena terkadang mereka juga bisa agresif dengan menjatuhkan pelan-pelan dari belakang demi mendapatkan yang diinginkannya. 

Walaupun mungkin sulit untuk meninggalkan atau lepas dari hubungan yang buruk di tempat kerja, tapi cobalah untuk memperhatikan komunikasi kamu dengan teman kantor, fokus pada kerjaan, bersikap tenang, dan beristirahat untuk menenangkan pikiran sejenak ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id