sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Perlu Diketahui, Ini Tanda-tanda Persahabatan yang Sejati

Jovita | Sabtu, 14 Nov 2020 19:40 WIB
Perlu Diketahui, Ini Tanda-tanda Persahabatan yang Sejati
caption

Hubungan persahabatan berguna lebih dari sekadar membuat manusia bertahan hidup. Sahabat adalah orang yang menemanimu saat kamu susah dan senang.

Merekalah yang melihatmu putus cinta dan mengalami perubahan di tempat kerja. Penelitian juga menemukan bahwa teman membantu seseorang hidup lebih lama, lho.

Aristoteles pernah mendeskripsikan teman sejati sebagai "satu jiwa yang tinggal dalam dua tubuh". Lalu, apa yang membedakan persahabatan yang sejati dan ikatan sosial sementara?

Menurut Robert Rowney, D.O., seorang psikiater bersertifikat dan direktur unit gangguan mood Klinik Cleveland, ada kebiasaan tertentu yang dimiliki teman sejati, yang membuat mereka lebih seperti keluarga. Karakteristik inilah yang menciptakan ikatan yang tak terlukiskan.

Mendorongmu untuk lebih menerima dirimu sendiri

Persahabatan Sejati/ Foto: Freepik
Persahabatan Sejati/ Foto: Freepik

Salah satu kesalahan terbesar seseorang adalah memiliki terlalu banyak kritik negatif terhadap diri sendiri. Seperti yang dijelaskan Rowney, teman sejati mengangkat kita saat kita sedang down. "Orang merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri ketika mereka memiliki orang yang dekat, mendukung, dan mendorong dalam hidup mereka," jelasnya.

Entah itu merasa tidak mampu dalam wawancara kerja atau hanya tidak menyukai tatapan orang asing, teman-teman terdekat adalah orang-orang yang mendorongmu untuk menumbuhkan opini diri yang berbeda saat kamu mulai merasa rendah diri. "Teman sejati secara alami meningkatkan harga dirimu dan pada gilirannya, membantu teman [dengan cara ini] dapat membantumu merasa lebih baik tentang dirimu juga."

Mengingatkan saat salah

Persahabatan Sejati/ Foto: Freepik
Persahabatan Sejati/ Foto: Freepik

Bukan bermaksud mengajak ribut, tapi ini dilakukan saat kita memang salah. Kita semua punya kekurangan. Teman sejati mengidentifikasi kekurangan tersebut dengan cara yang hati-hati. "Mereka mampu menunjukkan beberapa hal negatif yang kamu lakukan di samping hal positif," kata Rowney. "Mereka sangat mendukungmu di kedua sisi."

Kejujuran yang lembut inilah yang membedakan persahabatan sejati dari yang lebih lemah. "Jika itu teman yang dangkal atau teman baru, mereka tidak akan mengatakan apapun yang mungkin tidak menyenangkan," kata Rowney. "Tetapi jika itu teman sejati, seseorang yang benar-benar kamu percayai, mereka tahu mereka dapat memberitahumu apa yang ada di pikiran mereka. Orang yang terbuka dan terus terang adalah jenis teman yang paling penting untuk dimiliki."

Mereka present 

Berkumpul Tanpa Ponsel/ Foto: 123RF.com
Berkumpul Tanpa Ponsel/ Foto: 123RF.com

Hadiah terbesar yang dapat diberikan teman adalah perhatian dan kesadaran penuh, dan teman sejati memprioritaskan kehadiran mereka. "Seorang teman sejati ada untukmu di masa sekarang dengan memperhatikan kebutuhanmu bersama dengan kebutuhan mereka," kata Rowney.

Apa salah satu ciri teman yang ada untukmu? Mereka tidak sibuk main ponsel saat bersamamu. Sebuah studi tahun 2012 di Inggris Raya menemukan bahwa kehadiran ponsel memiliki kemampuan untuk mengganggu koneksi pribadi, sesuatu yang BFF-mu tidak akan biarkan terjadi.

Mereka benar-benar mendengarkan

Mendengarkan Teman/ Foto: Pexels
Mendengarkan Teman/ Foto: Pexels

Berapa kali kamu mencoba mengobrol dengan seseorang, hanya sampai orang tersebut mengalihkan topik kembali ke dirinya? Entah bagaimana, momen-momen seperti ini tidak begitu memuaskan.

Percakapan dengan teman sejati tidak sepihak. Persahabatan sejati mampu melakukan dialog dua arah yang terbuka agar hubungan menjadi lebih kuat.

Menurut pakar mendengarkan Paul Sacco, Ph.D., asisten profesor di Sekolah Pekerjaan Sosial Universitas Maryland, kunci dasar untuk percakapan yang seimbang adalah secara aktif memperhatikan orang lain. "Pendengar yang baik mengesahkan perasaan orang lain. Itu menunjukkan bahwa apa yang mereka katakan masuk akal."

Mendukung dalam kesulitan

Mendukung Teman/ Foto: Pexels
Mendukung Teman/ Foto: Pexels

Menyenangkan memiliki teman yang memberikan dukungan selama masa kesuksesan. Tetapi teman sejati ada bersamamu dalam naik turun kehidupanmu, dalam kesedihan, kegembiraan, kegagalan, dan segala sesuatu di antaranya.

"Mampu cukup mengenal seseorang dan cukup mempercayai mereka bahkan memungkinkan mereka untuk mendukungmu melalui masa-masa sulit adalah tanda persahabatan sejati," kata Rowney. "Orang-orang seperti itu yang ada dalam hidupmu seiring waktu sama dekatnya dengan keluarga."

Tahu saat kamu sedang stres

Sahabat/ Foto: Pexels
Sahabat/ Foto: Pexels

Salah satu ciri persahabatan yang bertahan lama adalah mengetahui apa yang membuat teman stres. Teman sejati bisa merasakan tekanan dan dengan demikian membantumu membuat keputusan yang lebih baik.

Meski kamu mungkin tidak sedang mencari masukan, kehadiran teman sejati saja bisa menenangkan. Satu studi tahun 2011 menemukan bahwa menghabiskan waktu dengan sahabat dapat membantu mengalahkan stres.

Memastikan kamu tetap rendah hati

Sahabat/ Foto: Pexels
Sahabat/ Foto: Pexels

Rowney mengatakan bahwa meskipun teman sejati merayakan setiap pencapaianmu, mereka juga mengingatkanmu untuk tidak sombong.

"Teman-teman yang baik akan membuatmu tetap terkendali sampai taraf tertentu dan tidak membiarkan kepalamu menjadi terlalu besar," jelasnya. "Mereka mengenalmu sebelum kamu menjadi besar atau meraih penghargaan apa pun. Mereka tahu versi dasarmu yang terdalam. Jadi mereka tidak hanya akan mendukungmu ketika kamu berhasil, tetapi juga akan mengingatkanmu untuk tidak kehilangan dirimu yang asli dan tetap rendah hati."

Menjadikanmu prioritas

Sahabat/ Foto: Pexels
Sahabat/ Foto: Pexels

Kehidupan rumah tangga, pekerjaan, dan sebagainya, seiring berjalannya waktu, hari-harimu mulai menjadi lebih sibuk dan sulit untuk menemukan waktu luang. Tetapi teman sejati tidak membiarkan kehidupan mengganggu hubungan persahabatan.

Baik itu mencari waktu untuk menelpon sebentar menanyakan kabar atau merencanakan kunjungan, teman sejati menjadikan satu sama lain sebagai prioritas. "Satu hal yang benar-benar menghalangi ikatan persamaan adalah ketika salah satu orang tidak menyediakan waktu untuk benar-benar bersama teman-temannya," kata Rowney. "Jika kamu tidak meluangkan waktu untuk bertemu teman-temanmu, hal itu benar-benar dapat menghalangi persahabatan secara keseluruhan dan menjadi salah satu alasan utama mengapa pertemanan bubar."

Mereka memaafkan

Sahabat/ Foto: Pexels
Sahabat/ Foto: Pexels

Semua orang membuat kesalahan penilaian dari waktu ke waktu terkait hubungan. Namun persahabatan sejati tahu bagaimana menghadapi badai.

Ketika konflik muncul, teman sejati memiliki keberanian untuk bicara secara langsung daripada bergosip dan membiarkan kekesalan tumbuh. Teman sejati mengerti, dan karena mereka mengerti mereka mampu memaafkan.

Membuatmu ingin menjadi lebih baik

Sahabat/ Foto: Pexels
Sahabat/ Foto: Pexels

Rowney berkata bahwa teman sejati tidak hanya tetap bersamamu saat kamu tumbuh, tetapi mereka juga membuatmu ingin menjadi versi yang lebih baik dari dirimu sendiri. Teman bukan hanya orang kepercayaan, tapi panutan.

Melalui teladan, kebaikan dan atribut lainnya, teman sejati memunculkan yang terbaik dalam diri setiap orang. Ini merupakan salah satu hadiah terbesar yang bisa sahabat sejati berikan.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id