sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kenapa Persahabatan Bisa Hancur karena Satu Kesalahan?

Jovita | Jumat, 04 Sep 2020 09:00 WIB
Kenapa Persahabatan Bisa Hancur karena Satu Kesalahan?
caption

Persahabatan bisa hancur karena satu kesalahan. Namun, tentunya kesalahan yang diperbuat bukanlah kesalahan biasa untuk bisa sampai menghancurkan sebuah persahabatan.

Berikut beberapa alasan yang menyebabkan persahabatan hancur meskipun hanya karena sebuah kesalahan!

1. Melakukan kesalahan dalam persahabatan yang sangat fatal

Melakukan Kesalahan Fatal/ Foto: Unsplash.com
Melakukan Kesalahan Fatal/ Foto: Unsplash.com

Hal yang perlu kamu ketahui jika ada sebuah kesalahan dalam persahabatan adalah seberapa besar kesalahan yang telah diperbuat. Meskipun hanya satu kesalahan, namun jika bisa sampai menghancurkan hubungan, tentu kesalahan yang dilakukan sangatlah fatal dan sulit dimaafkan.


Beberapa kesalahan yang sangat fatal dalam persahabatan adalah seperti memfitnah dan menghina sahabat di depan orang lain, berselingkuh dengan kekasih sahabat, hingga melupakan sahabat saat sedang bahagia.

2. Kekecewaan yang mendalam dan merusak kepercayaan

Merusak Kepercayaan dalam Persahabatan/ Foto: Pixabay.com
Merusak Kepercayaan dalam Persahabatan/ Foto: Unsplash.com

Mengapa sebuah kesalahan dalam persahabatan yang kita perbuat bisa menghancurkan segalanya? Jawabannya adalah karena kesalahan tersebut telah menggoreskan kekecewaan yang mendalam serta merusak kepercayaan dalam hubungan persahabatan.

Tentunya, persahabatan adalah hubungan yang dibangun dengan berlandaskan kepercayaan dari orang-orang di dalamnya. Jika sebagai seorang sahabat kita tidak bisa menjaga kepercayaan tersebut, maka tidak ada gunanya melanjutkan hubungan ini.

3. Dia bukan sahabat yang sesungguhnya

Dia Bukan Sahabat yang Sesungguhnya/ Foto: Pixabay.com
Dia Bukan Sahabat yang Sesungguhnya/ Foto: Unsplash.com

Dalam beberapa kasus, satu kesalahan fatal tentu sangat bisa menghancurkan hubungan persahabatan yang sudah dijalin lama. Namun, tak jarang juga ditemui hubungan persahabatan yang hancur hanya karena satu masalah kecil. Sebagai seorang manusia biasa, kita tidak pernah luput dari kesalahan.

Jika kamu menemukan sahabat yang memutuskan hubungan persahabatan hanya karena sebuah masalah sepele, bisa jadi dia bukan sahabat yang sesungguhnya. Tipe sahabat yang seperti ini cenderung bersifat egois, marah pada hal-hal kecil, dan cenderung menyalahkan orang lain. Untuk kondisi seperti ini, tentu tidak jadi masalah jika kehilangan sahabat seperti itu demi kesehatan mentalmu.

Pada dasarnya setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam persahabatan, baik kesalahan yang besar maupun yang kecil karena tidak ada manusia yang sempurna. Namun jangan sampai satu kesalahan tersebut membuatmu menjadi orang yang mati rasa. Pertimbangkanlah dengan bijak apakah hubungan persahabatanmu layak untuk diakhiri atau tidak.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id